Minggu, 27 November 2022  
 
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT 2021 dan Manfaatkan PPS

Kah | Serba-Serbi
Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:08:11 WIB

kah120322
TERKAIT:
   
 
PANDAN, TAPTENG - Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mehimbau masyarakat untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan 2021 melalui aplikasi e-filing dan memanfaatkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah pada kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2021 di Ruang Cenderawasih Kantor Bupati Tapteng, Jumat (11/3/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Yetty Sembiring, S.STP, MM, Staf Ahli, para Asisten, dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, dan Tim KPP Pratama Sibolga.

Bupati Bakhtiar mengajak masyarakat untuk melaporkan SPT tahunan karena pajak adalah salah satu sumber pendapatan negara untuk pembangunan Nasional yang kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ayo, mari kita sama-sama bekerja bersukarela membangun bangsa Negara Indonesia dengan cara taat membayar pajak dan taat melaporkan SPT tahunan. Pajak anda berdampak untuk membangun Bangsa dan Negara. Saya, anda, kita semua anak-anak bangsa bertanggung jawab membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ajak Bupati muda itu.

“Perlu kami sampaikan bahwa batas akhir Pelaporan SPT Tahunan itu pada tanggal 31 Maret, ayo segera laporkan SPT Tahunan saudara-saudara sekalian,” kata Bupati Bakhtiar menambahkan.

Bupati Bakhtiar juga mengimbau jajarannya supaya menjadi contoh bagi masyarakat dengan taat membayar pajak dan menyempaikan SPT Tahunan.

“Sudah barang tentu, kita menjadi panutan lebih taat pajak agar masyarakat mencontoh kita,” ujarnya.

“Saat ini kami telah menyampaikan SPT tahunan kami, ini agar bisa ditiru oleh jajaran, dan juga pengusaha serta masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah,” ucap Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Berkaitan dengan Program Pengungkapan Sukarela, Bupati Bakhtiar Sibarani berpesan kepada para wajib pajak untuk memanfaatkan program tersebut, karena PPS identik dengan sarana pengampunan pajak kepada Wajib Pajak.

“Mari itu kita ikuti, apabila ada harta kekayaan kita yang belum kita laporkan. Program itu berakhir pada 22 Juni yang akan datang. Ayo mari kita sesama anak bangsa, kita laporkan harta pajak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku agar pembangunan Indonesia yang kita cintai ini, khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah ini bisa lebih cepat dan bisa kita nikmati bersama,” imbaunya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesediaan dan perkenan Bupati dan Wakil Bupati, serta jajaran untuk berpartisipasi pada kegiatan tahunan pekan panutan penyampaian SPT Tahunan Pajak penghasilan orang pribadi tahun 2021.

Jerry mengungkapkan, kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT tahunan ini merupakan suatu simbol yang luar biasa baik, dapat melihat bahwa Pemkab Tapteng yang dipimpin oleh Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul yang memiliki tugas mulia meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya, melaksanakan kewajiban penyampaian SPT tahunan orang pribadi.

Jerry berharap pekan panutan pajak ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakan berupa pembayaran dan pelaporan SPT Tahunan tepat waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Tapanuli Tengah yang mendukung keberhasilan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang mulai berlaku pada 1 Januari sampai 30 Juni 2022,” ucap Jerry.

Lebih lanjut Jerry menjelaskan, Program Pengungkapan Sukarela (PPS) merupakan bagian dari Undang Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Tujuan program ini pada intinya memberikan keempatan kepada wajib pajak untuk melaporkan atau mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran PPh berdasarkan pengungkapan harta.

Masih menurut Jerry, banyak manfaat yang didapat oleh wajib pajak jika mengikuti PPS, diantaranya terbebas dari sanksi administratif dan perlindungan data, yaitu data harta yang diungkapkan tidak dapat dijadikan sebagai dasar penyelidikan, penyidikan, dan atau penuntutan pidana terhadap wajib pajak.

“Direktorat Jenderal Pajak melalui KPP Pratama Sibolga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas bantuan dan kerjasama Bupati Tapteng dan jajarannya dalam mendukung pengamanan penerimaan negara guna mengoptimalkan APBN dan APBD untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah Tapteng,” terang Jerry.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul menunjukkan bukti telah menyampaikan SPT tahunan PPh Orang Pribadi tahun 2021.

Kepala KPP Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah kemudian menyerahkan penghargaan sebagai Tokoh Panutan dalam pelaporan SPT tahunan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah kepada Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul.(Diskominfo/ERIK HIA)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Pj Walkot Pekanbaru Tak Pernah Minta Potong Gaji
  • Demo Tolak Kepala Rutan Samarinda, Napi Tipikor Diperiksa Yang Diduga Dalang Aksi Tersebut
  • Aset Fantastis Lukas Enembe Diendus KPK
  • Jokowi Bagikan Makanan ke Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur
  • 6 Bulan Buron, Otak Pelaku Perusak Hutan Tesso Nilo Ditangkap KLHK dan Polda Riau
  • Polda Riau Adakan Penyuluhan dan Pengobatan untuk Pasien Ketergantungan Narkotika
  • Memanas Dugaan Jenderal Penerima Suap Tambang Ilegal, Ini Kata Brigjen Hendra Kurniawan
  • Keluarga Korban Penganiayaan di PT SAMS Muara Dilam Minta Pelaku Segera Ditangkap
  • Bahas Isu Krusial, Komisi III Gelar Rapat Pembahasan RKUHP Hari Ini
  •  
     
     
    Rabu, 12 Februari 2020 - 16:04:47 WIB
    Arisman Hulu Terpilih Sebagai Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Alasa
    Senin, 04 Oktober 2021 - 11:18:52 WIB
    Bersama Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 6/D I Danlanud S Sukani Hadiri Ziarah Ke TMP
    Kamis, 21 April 2022 - 13:29:13 WIB
    Sekdako Perintahkan Aset RSD Madani dan Dinkes Segera Dipisah
    Selasa, 13 April 2021 - 09:24:54 WIB
    Kapolda Banten: Sinergi Polri – Pers, Bangun Kepercayaan Publik
    Kamis, 07 Januari 2021 - 08:52:02 WIB
    Token Listrik Gratis Januari 2021 Bisa Diklaim Mulai Hari Ini
    Selasa, 02 November 2021 - 09:06:38 WIB
    Investor Inggris Siap Tanamkan USD9,29 Miliar ke Indonesia
    Jumat, 19 November 2021 - 16:25:40 WIB
    Gedung Ex Bioskop Kota Cimahi Harus Dikelola Dengan Baik
    Sabtu, 28 Maret 2020 - 22:02:48 WIB
    Ini Himbauan Forkopimka Alasa Dalam Mencegah Wabah Covid 19
    Rabu, 11 Maret 2020 - 11:14:38 WIB
    Polri Siap Mengantisipasi Cipta Kondisi Pemeliharaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat
    Indonesia Bakal Hadapi Perhelatan dan Isu Nasional, Ini Kata Wakapolri
    Jumat, 13 Maret 2020 - 10:29:27 WIB

    Kamis, 11 Maret 2021 - 09:27:12 WIB
    Sidkon Serap Aspirasi Masyarakat
    Sabtu, 30 November 2019 - 21:26:19 WIB
    Halim- Komperensi Dpastikan Dapat Perahu
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 09:31:21 WIB
    Surya Paloh Umumkan Capres NasDem, Ini Nama-Namanya!
    Senin, 27 Juli 2020 - 14:57:48 WIB
    8 Orang Pegawai BUMD Pelalawan Kembalikan Uang Temuan Senilai Rp. 2 M Lebih
    Jumat, 26 Juni 2020 - 17:51:00 WIB
    LAWAN COVID-19
    Kapolresta Pekanbaru Bersama Team Terpadu Gugus Tugas Laksanakan Rapid Test & Swab Test
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved