Jum'at, 19 Juli 2024  
 
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT 2021 dan Manfaatkan PPS

Kah | Serba-Serbi
Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:08:11 WIB

kah120322
TERKAIT:
   
 
PANDAN, TAPTENG - Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mehimbau masyarakat untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan 2021 melalui aplikasi e-filing dan memanfaatkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah pada kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2021 di Ruang Cenderawasih Kantor Bupati Tapteng, Jumat (11/3/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Yetty Sembiring, S.STP, MM, Staf Ahli, para Asisten, dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, dan Tim KPP Pratama Sibolga.

Bupati Bakhtiar mengajak masyarakat untuk melaporkan SPT tahunan karena pajak adalah salah satu sumber pendapatan negara untuk pembangunan Nasional yang kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ayo, mari kita sama-sama bekerja bersukarela membangun bangsa Negara Indonesia dengan cara taat membayar pajak dan taat melaporkan SPT tahunan. Pajak anda berdampak untuk membangun Bangsa dan Negara. Saya, anda, kita semua anak-anak bangsa bertanggung jawab membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ajak Bupati muda itu.

“Perlu kami sampaikan bahwa batas akhir Pelaporan SPT Tahunan itu pada tanggal 31 Maret, ayo segera laporkan SPT Tahunan saudara-saudara sekalian,” kata Bupati Bakhtiar menambahkan.

Bupati Bakhtiar juga mengimbau jajarannya supaya menjadi contoh bagi masyarakat dengan taat membayar pajak dan menyempaikan SPT Tahunan.

“Sudah barang tentu, kita menjadi panutan lebih taat pajak agar masyarakat mencontoh kita,” ujarnya.

“Saat ini kami telah menyampaikan SPT tahunan kami, ini agar bisa ditiru oleh jajaran, dan juga pengusaha serta masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah,” ucap Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Berkaitan dengan Program Pengungkapan Sukarela, Bupati Bakhtiar Sibarani berpesan kepada para wajib pajak untuk memanfaatkan program tersebut, karena PPS identik dengan sarana pengampunan pajak kepada Wajib Pajak.

“Mari itu kita ikuti, apabila ada harta kekayaan kita yang belum kita laporkan. Program itu berakhir pada 22 Juni yang akan datang. Ayo mari kita sesama anak bangsa, kita laporkan harta pajak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku agar pembangunan Indonesia yang kita cintai ini, khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah ini bisa lebih cepat dan bisa kita nikmati bersama,” imbaunya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesediaan dan perkenan Bupati dan Wakil Bupati, serta jajaran untuk berpartisipasi pada kegiatan tahunan pekan panutan penyampaian SPT Tahunan Pajak penghasilan orang pribadi tahun 2021.

Jerry mengungkapkan, kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT tahunan ini merupakan suatu simbol yang luar biasa baik, dapat melihat bahwa Pemkab Tapteng yang dipimpin oleh Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul yang memiliki tugas mulia meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya, melaksanakan kewajiban penyampaian SPT tahunan orang pribadi.

Jerry berharap pekan panutan pajak ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakan berupa pembayaran dan pelaporan SPT Tahunan tepat waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Tapanuli Tengah yang mendukung keberhasilan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang mulai berlaku pada 1 Januari sampai 30 Juni 2022,” ucap Jerry.

Lebih lanjut Jerry menjelaskan, Program Pengungkapan Sukarela (PPS) merupakan bagian dari Undang Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Tujuan program ini pada intinya memberikan keempatan kepada wajib pajak untuk melaporkan atau mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran PPh berdasarkan pengungkapan harta.

Masih menurut Jerry, banyak manfaat yang didapat oleh wajib pajak jika mengikuti PPS, diantaranya terbebas dari sanksi administratif dan perlindungan data, yaitu data harta yang diungkapkan tidak dapat dijadikan sebagai dasar penyelidikan, penyidikan, dan atau penuntutan pidana terhadap wajib pajak.

“Direktorat Jenderal Pajak melalui KPP Pratama Sibolga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas bantuan dan kerjasama Bupati Tapteng dan jajarannya dalam mendukung pengamanan penerimaan negara guna mengoptimalkan APBN dan APBD untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah Tapteng,” terang Jerry.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul menunjukkan bukti telah menyampaikan SPT tahunan PPh Orang Pribadi tahun 2021.

Kepala KPP Pratama Sibolga, Jerry Fadlinsyah kemudian menyerahkan penghargaan sebagai Tokoh Panutan dalam pelaporan SPT tahunan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah kepada Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul.(Diskominfo/ERIK HIA)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kapendam XII/Tpr, Resmi Berganti
  • Ketua DPD KNPI Riau Protes Keras
  • Komisi ll DPRD JABAR Berharap Koperasi dan Usaha Kecil Bisa Berinovatif
  • Untuk Tingkatkan Wawasan Guru Ngaji, Pemkot Cimahi Beri Pelatihan
  • Alhamdulillah, Kemenag RI Tetapkan Siak Sebagai Kota Wakaf di Indonesia
  • Launching BIDARI untuk UMKM, Ini Harapan Ketua Baznas Riau
  • Pemprov Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-67 Provinsi Riau
  • Bareskrim Tetapkan 2 Penyedia Barang Jadi Tersangka Korupsi Gerobak UMKM di Kemendag
  • Polresta Cirebon Hadiri Car Free Day Sumber Dalam Rangka Ops Patuh Lodaya Tahun 2024
  •  
     
     
    Rabu, 27 Januari 2021 - 19:16:56 WIB
    Bupati Catur Lantik Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas
    Senin, 29 Juni 2020 - 11:37:27 WIB
    Penggelapan 1 Unit Mobil Toyota Avanza
    Sat Reskrim Polres Simeulue, Berhasil Tangkap Diduga Pelaku Penggelapan Mobil
    Jumat, 14 Mei 2021 - 12:28:08 WIB
    Peduli Keselamatan Pengendara, Camat Alasa Beserta Warga Perbaiki Jembatan Idano Mba'e
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:34:54 WIB
    ADVERTORIAL
    Grand Opening, Bupati Inhil Resmikan Prof's Coffee di Pekanbaru
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 09:48:31 WIB
    Babinsa Koramil 07/Alasa Komsos dengan Anak-anak sekolah
    Minggu, 19 September 2021 - 09:33:20 WIB
    Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Gelar Perlombaan Antar Santri
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 19:19:46 WIB
    Jadwal Penerimaan CPNS, PPK Dan Sekolah Kedinasan 2021, Persyaratan Dan Link Pendaftaran Disini
    Selasa, 03 Maret 2020 - 10:55:34 WIB
    Oknum Jaksa Kejari Karimun Diduga Peras Kepala SMKN
    Jumat, 21 April 2023 - 12:13:56 WIB
    Rokok Tanpa PIta Cukai Marak di Batam
    Kepala Bea Cukai KPU Batam Dan Humas nya Menghindari Wartawan
    Jumat, 14 Januari 2022 - 13:20:42 WIB
    Legislator Usul Mobil Pribadi Wajib Sedia Alat Pemadam Api
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:39:06 WIB
    PB Porwil Riau Sudah Terima Pendaftaran 1.320 Atlet
    Jumat, 21 Januari 2022 - 14:09:33 WIB
    Gubernur Riau Dampingi Mendagri Tinjau Vaksinasi Anak-Anak Pekanbaru
    Rabu, 14 April 2021 - 08:23:19 WIB
    Kadiv Propam Minta Maaf ke Kapolri karena Makin Banyak Polisi Lakukan Pelanggaran
    Kamis, 30 April 2020 - 18:57:34 WIB
    LAWAN COVID-19
    Program Keselamatan Polri, Kapolres Kampar Serahkan Buku Tabungan dan Kartu ATM
    Senin, 13 Juli 2020 - 20:39:04 WIB
    Lanud S Sukani Majalengka Menerima Kunjungan Tim Wasrikkap Itkoopsau I
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved