Perusahaan rintisan decacorn besutan Nadiem Makariem yaitu Gojek diisukan bakal merger dengan raksasa e-commerce asal Indonesia Tokopedia. Apabila konsolidasi start up tersebut terjadi, maka integrasi model bisnis keduanya ">
Sabtu, 06 Maret 2021  
 
Gojek Merger Dengan Tokopedia & Rencana Besar di Baliknya

Rahmad | Serba-Serbi
Rabu, 06 Januari 2021 - 19:51:24 WIB

Jakarta |TIRASKITA.COM - Perusahaan rintisan decacorn besutan Nadiem Makariem yaitu Gojek diisukan bakal merger dengan raksasa e-commerce asal Indonesia Tokopedia. Apabila konsolidasi start up tersebut terjadi, maka integrasi model bisnis keduanya akan menghasilkan suatu ekosistem digital raksasa yang bisa dibilang tak tertandingi.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh Bloomberg News, Selasa (5/1/2021). Menurut Bloomberg kedua perusahaan telah menandatangani persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas atas bisnis masing-masing.

Merger keduanya akan menghasilkan start up decacorn dengan valuasi hampir US$ 20 miliar. Menggunakan asumsi kurs Rp 14.000/US$, maka nilai perusahaan rintisan tersebut setara dengan Rp 280 triliun.

Sebuah angka yang fantastis memang mengingat jika keduanya merupakan perusahaan publik, maka kapitalisasi pasarnya sudah menyamai perusahaan-perusahaan blue chip yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Sebenarnya dibalik valuasi perusahaan yang fantastis tersebut, skenario merger ini juga akan membentuk ekosistem digital Tanah Air yang semakin matang dan terintegrasi.

Sepuluh tahun lalu, Gojek hanyalah perusahaan rintisan yang melayani jasa ride hailing atau dikenal dengan sebutan ojek online (online). Namun seiring dengan pertumbuhan yang pesat, Gojek bertransformasi dengan mengembangkan sayapnya ke bisnis pengiriman makanan, logistik hingga jasa keuangan.

Belum lama ini, melalui anak usahanya yaitu PT Dompet Anak Karya (GoPay) mengakuisisi 22% saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang sebelumnya diakuisisi oleh investornya.

Langkah tersebut semakin memantapkan tujuan Gojek tidak hanya untuk meningkatkan inklusi keuangan lewat praktik perbankan digital tetapi juga menjadi super apps yang memberikan layanan yang sangat memanjakan konsumen. Ya, bisa dibilang 'Palugada' (apa lu mau gua ada).

Impian Gojek menjadi super apps semakin di depan mata jika merger dengan Tokopedia terlaksana. Memang belakangan ini Shopee cenderung lebih banyak dilirik oleh konsumen dan pengguna e-commerce jika dilihat dari data pengunjung website bulanannya di kuartal ketiga tahun 2020 (96,5 juta vs 85 juta).

Namun bukan berarti Tokopedia tidak punya taji. Pada 2019 silam saja nilai transaksi (Gross Merchandise Values/GMV) yang ada di lapak Tokopedia tercatat sudah mencapai Rp 222 triliun atau setara dengan US$ 15 miliar.

Tokopedia menjadi platform e-commerce yang mencatatkan pertumbuhan GMV paling fantastis dan disusul oleh Shopee sebagai pesaingnya. Tokopedia juga menjadi satu-satunya platform e-commerce yang menyediakan layanan terlengkap mulai dari produk umum hingga yang spesifik seperti pembayaran pajak hingga investasi.

Merger Gojek-Tokped Jadi Sejarah Bagi Perkembangan Ekosistem Digital RI

Merger keduanya tentu akan mencetak sejarah baru bagi dunia start up di Tanah Air. Bayangkan Gojek punya 38 juta pengguna aktif setiap bulannya, kemudian Tokopedia punya lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Ketika keduanya terintegrasi tentu ini akan meningkatkan basis pelanggan dan nilai transaksi keduanya. Tidak hanya transaksi saja yang berpotensi meningkat tetapi Tokopedia bisa memperoleh akses untuk jasa antar dan logistik yang lebih efisien dan kompetitif.

Biaya pengiriman barang merupakan hal yang sangat diperhitungkan oleh pelanggan. Dengan biaya yang lebih kompetitif tentu akan semakin menggiring konsumen untuk berbelanja di platform tersebut.

Baik Gojek maupun Tokopedia sama-sama punya mitra. Gojek punya mitra yaitu para driver dan juga restoran yang kebanyakan UMKM, sedangkan Tokopedia punya mitra yang juga mayoritasnya UMKM.

Jika ditotal keduanya memiliki 10 juta mitra dan masih akan terus bertumbuh seiring dengan pesatnya ekonomi digital di dalam negeri. Tidak hanya seberapa banyak mitra UMKM yang akan go digital lewat Gojek dan Tokopedia, integrasi keduanya juga akan membuka pintu akses ke masing-masing mitra (merchant).

Semakin banyak merchant maka semakin banyak pilihan dan variasi sehingga bisa kembali lagi menggiring para konsumen untuk menggunakan platform keduanya. Jangan lupa juga Gojek punya sayap bisnis pembayaran lewat GoPay sebagai e-wallet dan juga ditopang oleh Bank Jago.

Artinya Gojek lewat Gopay bisa meningkatkan penggunaan layanan e-walletnya untuk transaksi di Tokopedia yang sangat fantastis. Kemudian lewat Bank Jago, banyaknya merchant UMKM juga menjadi peluang besar untuk menyalurkan kreditnya.

Lewat Bank Jago, Gojek bisa membantu pembiayaan untuk mitra drivernya maupun menyalurkan kredit untuk merchant restoran maupun para pedagang online yang membuka lapaknya di Tokopedia. Ini adalah kolaborasi yang luar biasa menarik.

Gojek juga mengakuisisi start up POS yaitu Moka senilai US$ 130 juta yang bisa diintegrasikan dengan bisnis restoran serta gerai-gerai ritel yang menjadi mitra kedua belah pihak.

Poin yang tak kalah penting adalah data. Ya, data! Aset yang harganya sangat mahal di era digital ini. Integrasi dan kolaborasi keduanya lewat merger tentu saja akan membuat duo start up tersebut punya akses data yang sangat besar yang tentunya bisa dimonetisasi. Mereka bahkan bisa memonopoli data pengguna Indonesia.

Sekali lagi, apabila merger benar terjadi, maka ini akan menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan ekosistem dan ekonomi digital di Tanah Air. Aksi ini juga akan mengukuhkan status keduanya sebagai penguasa ekonomi digital di dalam negeri.***

Sumber berita : cnbindonesia.com


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • KLB Demokrat Muldoko Gantikan AHY, Bagaimana Kisahnya ?
  • Polda Riau Sita 40 KG Shabu dan 50 Ribu Butir Pil Ekstasi
  • Ayah Penggal Putrinya dan Jinjing Kepalanya ke Kantor Polisi
  • Satreskrim Polres Kampar Gelar Kegiatan Jumat Barokah
  • BREAKING NEWS: Gempa M 5.8 Guncang Mentawai Siang Ini
  • Pemkot Cimahi / BPBD Bersama Forum Perangkat Daerah Bidang Kebencanaan
  • Kongres Luar Biasa Partai Demokrat Hari ini
  • H. Zukri Coffee Morning dengan Pimpinan dan Anggota Fraksi DPRD Riau
  • Misteri Robohnya Turap Danau Tajwid
  •  
     
     
    Minggu, 05 Juli 2020 - 11:33:34 WIB
    Bisa Ambil Hasil Kejahatan
    RUU Perjanjian MLA RI – Swiss Disetujui
    Senin, 01 Juni 2020 - 22:10:03 WIB
    Kuliah Ikatan Dinas
    Penerimaan Calon Taruna Imigrasi Dan Taruna Lapas Segera di Buka, Ini Linknya
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 09:07:01 WIB
    Gempa Kembali Guncang Majene Sulawesi Barat
    Kamis, 21 Januari 2021 - 10:02:43 WIB
    Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang akan Mengguyur Riau
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:54:45 WIB
    LAWAN COVID-19
    Setelah Viral.....Pasar Murah Yang Tidak Murah Ditunda
    Selasa, 29 September 2020 - 11:58:39 WIB
    Wali Kota Pekanbaru : 500 RW Lagi Retribusi Sampah Belum Optimal dan Terpantau
    Senin, 04 Januari 2021 - 18:19:36 WIB
    Kaleidoskop 2020 : Kolaborasi Katalisator Inovasi dan Penganggaran Kreatif
    Senin, 21 September 2020 - 18:31:41 WIB
    Kunjungan Kerja Ridwan Kamil dan Forkopimda Jabar di Cimajakuning
    Rabu, 29 Juli 2020 - 14:13:39 WIB
    Plh. Bupati Bengkalis Sambut Kedatangan H. Syamsurizal Anggota Komisi II DPR-RI di Bengkalis
    Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:49 WIB
    HARI ANAK NASIONAL
    Putera Kampar Theo Samuel P Asal Lipat Kain Wakili Riau Konser Virtual HAN
    Senin, 28 September 2020 - 11:21:00 WIB
    Pilkada 2020: Gubernur Jabar Kukuhkan 7 Penjabat Sementara Bupati/Wali Kota
    Kamis, 26 November 2020 - 08:21:50 WIB
    Uu Ruzhanul Ulum Harapkan Pilkada Sehat di Jabar
    Selasa, 03 Maret 2020 - 12:43:23 WIB
    Wakapolda Riau Buka Pelatihan Transformasi Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Rawan Karhutla
    Jumat, 20 November 2020 - 19:26:53 WIB
    Kampung KB Padakasih Jalani Proses Rechecking Oleh Tim dari Provinsi
    Rabu, 22 April 2020 - 21:00:21 WIB
    Manfaatkan Lahan Yang Kurang Produktif
    Apa Peluang Bisnis ?, Dari Tanaman Serei Wangi
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved