Senin, 27 Mei 2024  
 
Gardanis Diharapkan Menjadi Organisasi Pemersatu Masyarakat Nias

Aji | Sumut
Minggu, 31 Oktober 2021 - 19:27:52 WIB

tapteng_3110
TERKAIT:
   
 
TAPTENG,- Garda Iraono Sihio Dola (Gardanis) diharapkan menjadi organisasi pemersatu bagi masyarakat Nias. Harapan itu disampaikan oleh Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani saat menutup Turnamen Bola Voli Gardanis yang dirangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Gardanis yang digelar di Desa Aek Horsik, Kecamatan Badiri, Tapteng, Jum'at (29/10/2021).

Bupati Tapteng menyampaikan bahwa sebagai bukti dan rasa cintanya kepada masyarakat Nias, dia sengaja pulang dari Jakarta hari itu juga demi mengejar kegiatan itu.

“Saya baru mendarat dari Jakarta di Bandara Silangit, Taput sekitar pukul 13.00WIB. Dan langsung menuju tempat ini. Seharusnya masih ada kegiatan di Jakarta, akan tetapi sebagai bukti janji saya untuk bisa bertemu dengan saudara-saduaraku masyarakat Nias yang sedang berkumpul saat ini, saya kejar dari Jakarta,” kata Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang disambut dengan tepuk tangan.

Bupati Bakhtiar juga memuji keberadaan Gardanis yang baru berusia satu tahun, tetapi sudah terus melakukan kegiatan. Untuk itulah, Bupati berharap, agar kekompakan masyarakat Nias terus terjalin, dan Gardanis bisa menjadi pemersatu.

Bupati Tapteng memberikan semangat dan dukungan kepada para putra-putri Nias yang berada di Tapteng agar mampu menambah jumlah kursi anggota dewan dari masyarakat Nias di DPRD Tapteng, mengingat jumlah masyarakat Nias di Tapteng cukup banyak. “Jadi, masyarakat Nias yang ada di Tapteng ini harus bersatu memberikan dukungan, agar bisa menambah kursi dari orang kita Nias di DPRD Tapteng,” tutur Bupati Tapteng menyemangati.

Sedangkan kepada para balon Kepala Desa dari suku Nias yang ingin bertarung di Pilkades nanti, agar pintar-pintar mengambil hati rakyat.

“Teruslah berbuat baik, meskipun dipastikan kita bukan menjadi yang terbaik. Kita boleh membela diri, tetapi yang paling penting kita harus mengenal diri,” pesan Bakhtiar.

Menanggapi permintaan masyarakat Desa Aek Horsik, yang disampaikan melalui Ketua Gardanis untuk perbaikan jalan, Bupati Bakhtiar memastikan tahun depan akan diperbaiki jalan di Desa Aek Horsik tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan bantuan untuk 3 (tiga) orang masyarakat Nias yang sudah memiliki tanah tetapi belum memiliki rumah.

“Pemkab Tapteng nanti akan membangunnya pada bulan Februari 2022. Yang jelas, lahan harus milik sendiri, tidak bisa milik orang lain. Nanti Camat akan mengeceknya,” jelas Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani seraya menyebutkan telah dibangun dan diperbaiki sebanyak 560 rumah masyarakat Tapteng melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Biarlah orang lain berkata apa, yang jelas kami terus berbakti dan mengabdi untuk kampung halaman Tapanuli Tengah,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Gardanis, Vinsensius Arianto Gea, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas perhatian dari Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga sebagai Pembina Gardanis.

“Ini sebagai bukti rasa cinta Pak Bupati terhadap kita masyarakat Nias, khususnya yang ada di Tapanuli Tengah ini. Kiranya Pak Bupati diberikan kesehatan dalam memimpin dan melanjutkan pembangunan di Tapanuli Tengah ini,” ucap Vinsensius.

Vinsensius berharap, agar kepengurusan Gardanis di masing-masing daerah sampai ke desa-desa dapat terbentuk sebagai wujud kebersamaan masyarakat Nias.

“Tujuan organisasi kita ini adalah untuk menyatukan masyarakat Nias yang ada di perantauan ini. Untuk itu, setiap perbedaan yang ada, mari kita satukan di wadah kita ini,” ujarnya.

Vinsensius menjelaskan, sebagai organisasi kepemudaan, Gardanis harus menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Sebagai bukti koordinasi itu, sebanyak 15 gereja mendapat bantuan dari Provinsi Sumatera Utara yang diperjuangkan oleh Bapak Rahmansyah Sibarani (Wakil Ketua DPRD Sumut) yang merupakan abang kandung dari Bapak Bupati kita.   

“Koordinasi dan kerja sama ini akan terus kita tingkatkan. Diharapkan dukungan dan kesatuan hati dari kita masyarakat Nias. Mari kita lihat bagaimana perhatian dari Pembina kita, Bapak Bupati yang memberikan perhatian dan dukungan. Kiranya di usia Gardanis yang baru satu tahun ini, Gardanis semakin maju dan semakin diberkati,” harap Ketua DPP Gardanis, Vinsensius Arianto Gea, S.Pd.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani menambahkan hadiah bagi pemenang Turnamen Bola Voli Gardanis sebesar Rp 30 juta, ditambah satu ekor kerbau dan, uang bumbu Rp 5 juta untuk disembelih bersama.

Adapun para pemenang dalam Turnamen Bola Voli Gardanis ini, yaitu untuk kategori Putra, Juara I dari Kebun Pisang, Juara II dari Sibolga Sambas, Juara III dari Sialogo, dan Juara Harapan dari Kelurahan Lopian. Sedangkan untuk kategori Putri, Juara I dari Sibolga Sambas, Juara II dari Aek Horsik, Juara III dari Lopian, dan Juara Harapan dari Masundung.

Meskipun hujan mengguyur lokasi acara itu, namun semangat masyarakat Nias untuk mengikuti kegiatan itu tetap tak terbendung.

Turut juga hadir dalam kegiatan ini, yaitu Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, SH, para Pimpinan OPD Tapteng, mewakili Wali Kota Sibolga, tokoh masyarakat setempat, perwakilan dari organisasi kepemudaan, dan undangan lainnya.

(Diskominfo/ JN ZAI)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Ikuti Porseni Tk Prov Riau 2024 di Bengkalis, Ini Pesan Pj Sekda Kampar untuk Kontingen IGTKI-PGRI
  • Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Bakal Lanjutkan Program Prioritas
  • Netralisasi ASN Dalam Pilkada Kota Cimahi, Harus Tetap Terjaga
  • Konflik Sosial di Pilkada Jabar 2024 Masuk Dalam Pembahasan Pertemuan DPRD Jabar & DPRD Kab Solok
  • DPRD Jabar dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korsel Teken Record of Discussion
  • Inovasi Zibang 3/III Cirebon, Dukung Program Ketahanan Pangan
  • Korem 063/SGJ Gelar Komsos dengan KBT
  • Dandim dan Forkopimda Kab Cirebon Lainnya, Sambut Kunker Danrem 063/SGJ
  • Koramil 0620-20/Gegesik, Kodim 0620/Kab Cirebon Panen Raya
  •  
     
     
    Senin, 07 September 2020 - 18:26:34 WIB
    Babinsa Koramil 07 Alasa Kawal pembagian BLT DD di Desa Banuasibohou III
    Selasa, 07 Juli 2020 - 07:29:36 WIB
    LAWAN COVID-19
    Pemkab Purwakarta Swab Test Ratusan ASN
    Minggu, 27 Juni 2021 - 20:46:21 WIB
    Kapolri Wajibkan Buku Pedoman Manajemen Kontijensi Klaster Covid-19 Ada Disaku Petugas
    Rabu, 20 Juli 2022 - 16:30:42 WIB
    Anggota Tagana Harus Miliki Keahlian Konseptual dan Teknis dalam Penanggulangan Bencana
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 18:37:06 WIB
    Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani Lantik Ajudannya Menjadi Camat Barus
    Kamis, 17 Februari 2022 - 12:53:09 WIB
    Untung Ratusan Juta, Komplotan Pencuri Uang Modus Ganjal ATM Diringkus Polisi
    Selasa, 06 Desember 2022 - 15:26:07 WIB
    BPBD Kota Cimahi Menggelar FGD Susunan Indeks Ketahanan Daerah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 12:21:02 WIB
    Gubernur Riau Syamsuar Bangga Melihat Islamic Center di Kota Dumai
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 11:54:32 WIB
    DPR Desak Polri Usut Dalang Pelarian Djoko Tjandra
    Kamis, 07 Desember 2023 - 19:18:33 WIB
    Aksi Tanggap Darurat Dalam Menghadapi Banjir Di Kelurahan Melong Kota Cimahi
    Kamis, 22 Juli 2021 - 10:51:34 WIB
    Yasonna : TKA Asing Tak Bisa Lagi Masuk Indonesia
    Selasa, 22 September 2020 - 19:20:22 WIB
    Selama Ini Sampel Dikirim ke Medan
    Kasus Covid-19 Meningkat, Edy Rahmayadi Pastikan Nias Akan Punya Lab PCR Sendiri
    Senin, 10 Agustus 2020 - 09:31:48 WIB
    ADVERTORIAL
    HUT Riau Ke-63, Pemkab Inhil Ikuti Rapat Paripurna Istimewa Secara Virtual
    Kamis, 02 November 2023 - 17:41:46 WIB
    Galakan GPM Untuk Mengendalikan Inflasi Di Kota Cimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 16:39:40 WIB
    Sambut Kunker Pangdam I/BB,
    Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi Paparkan Covid-19
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved