Kamis, 25 Juli 2024  
 
Pemkot Cimahi Siapkan Generasi Emas Dan Integritas Pelayanan KBKR

Oke | Jawa Barat
Kamis, 13 Juni 2024 - 17:21:32 WIB

KB
TERKAIT:
   
 
Cimahi tiraskita.com,- Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi melaksanakan kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Wilayah Khusus Kota Cimahi di Aula Komando Distrik Militer 0609 Kota Cimahi,Rabu (12/06).

Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR ini tidak dipungut biaya atau gratis bagi warga Kota Cimahi yang dibuktikan dengan KTP dan KK Kota Cimahi.Target dalam kegiatan ini adalah 145 orang akseptor yang merupakan pasangan usia subur (produktif).

Adapun pelayanan KB yang disediakan adalah KB non hormonal atau Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Intra Uterine Device (IUD) dan Implan.
Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR merupakan bagian dari “Program Bangga Kencana” yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan Pertumbuhan Penduduk yang Seimbang (PTS).

Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan prioritas, antara lain kegiatan-kegiatan dalam upaya mengendalikan angka kelahiran, meningkatkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi modern (MCPR), menurunkan tingkat kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmeet need), serta upaya perwujudan penduduk tumbuh seimbang dan menghasilkan bonus demografi.

Kepala DP3AP2KB Fitriani Manan menyampaikan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR Wilayah Khusus merupakan salah satu upaya meningkatkan cakupan kesertaan KB di Kota Cimahi, “Kegiatan ini tujuannya salah satu upaya meningkatkan cakupan kesertaan KB khususnya KB MKJP sebagai salah satu upaya percepatan penurunan stunting sehingga diharapkan giat bersama mitra kerja ini tentunya dapat mendorong kesertaan KB MKJP di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Senada dengan Fitriani, Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi menyampaikan bahwa kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR yang terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak ini merupakan salah satu upaya dalam menyiapkan generasi Indonesia Emas 2045 sekaligus merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-23.
“Pelayanan KB yang kita laksanakan dengan integrasi dan juga kolaborasi bersama, semua pihak juga dalam rangka ulang tahun Cimahi yang ke-23.

Pelayanan KB yang kita lakukan sekarang ini kepada usia subur bukan hanya sekedar pelayanan kami dalam arti untuk kesehatan yang bersangkutan saja tetapi ada tujuan yang lebih besar yaitu menyiapkan generasi emas 20 tahun mendatang di 2045 khususnya di Kota Cimahi,” tuturnya.
Dicky menjelaskan sasaran pada kegiatan ini adalah pasangan usia subur yang sudah yakin untuk merencanakan keluarganya terutama dalam memperoleh keturunan.

Ia menerangkan petugas pelayanan KB akan memberikan edukasi bagi peserta terkait hal-hal yang harus disiapkan untuk mempunyai keturunan. 
“Bagi mereka yang sudah punya keturunan juga diedukasi terutama tentang pemberian asupan makanan bergizi seperti protein dan sebagainya itu agar anak-anak mereka tumbuh berkembang dengan sehat, aktif dan menjadi generasi emas 2045,” tuturnya.

Edukasi untuk mencegah stunting pun dilakukan oleh petugas pelayanan KB, tujuannya agar orang tua dan calon orang tua mengetahui mengenai momen emas anak yang tidak boleh terlewatkan agar anak mencapai pertumbuhan yang optimal dan bebas stunting.
“Kita berikan edukasi juga di pasangan usia subur ini bahwa ketika nanti mereka mengandung,maka ada momen yang sangat luar biasa, yaitu di 1000 hari kelahiran dan di situlah peluang bagi kita semua agar anak keturunan kita benar-benar sehat dan bebas stunting,” imbuh Dicky.

Dicky mengingatkan pentingnya mempersiapkan generasi penerus bangsa sedari dini untuk menyambut bonus demografi yang akan didapatkan Indonesia di tahun 2045 kelak, “Berbicara tentang bonus demografi, penting bagi kita untuk memanfaatkan periode ini sebaik mungkin untuk melakukan investasi dalam pembangunan manusia dan infrastruktur.

Dengan demikian kita dapat memastikan bahwa manfaat ekonomi dan sosial dari periode ini dapat dirasakan dalam jangka panjang, bahkan setelah Periode bonus demografi berakhir,” imbuhnya.

Melalui kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR ini, Dicky juga menyampaikan kepada para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan IBI untuk turut serta menyebarluaskan informasi bahwa pentingnya ber-KB sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

“Dorong pasangan usia subur di wilayah binaan Bapak/Ibu untuk mau ber-Kb dan sampaikan adanya program gratis ber-KB.Bagaimana caranya? Bapak/Ibu dapat menghubungi kader setempat. Apabila tidak tahu dimana keberadaan kader dapat langsung menghubungi DP3AP2KB untuk informasi lebih lanjut karena kami memiliki Penyuluh KB dan Teladan KB yang tersebar di seluruh kelurahan Kota Cimahi guna penyebarluasan informasi,” pungkasnya. (Bidang IKPS/Arif.s)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Menuju Perkembangan Positif, Komisi III Apresiasi Pencapaian BJB KCP Baros, Cimahi
  • Layanan Asrama Haji Di Indramayu, DPRD JABAR JABAR Mengapresiasi
  • Kel Lewiegajah Luncurkan Sistim Pelaporan Online Untuk Masyarakat
  • Pelajar diberi Materi PBB oleh Satgas TMMD ke 121 Kodim 0620/Kab Cirebon
  • Hari ke 2 Kegiatan TMMD ke 121 Kodim 0620/Kab Cirebon
  • Safari Bintal di Makorem 063/SGJ Cirebon
  • Hari ini TMMD ke 121 Kodim 0620/Kab Cirebon, Resmi dibuka
  • Komisi lll DPRD JABAR Minta MPP Kab Bogor Optimalkan Pelayanan Terhadap Masyarakat
  • DPRD Jabar Ingatkan Pemprov Berikan Perhatian Pada SLBN
  •  
     
     
    Senin, 21 Desember 2020 - 23:03:52 WIB
    Peringatan Bela Negara 2020 dan Penyerahan Penghargaan kepada Pemenang Lomba Vidio " Cinta Pancasila
    Senin, 15 Juni 2020 - 20:10:59 WIB
    Kodim 0620/Kab Cirebon Gelar Aksi Sosial Dengan Bagi Sembako Pada Warga
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 23:16:04 WIB
    Istri dan 3 Anaknya Penumpang Sriwijaya Air SJ 182
    Tangis Yaman Zai di Bandara Supadio Pontianak
    Minggu, 27 September 2020 - 21:59:04 WIB
    Doni Monardo: Manusia Pembawa Virus Lebih Berbahaya dari Covid-19
    Selasa, 15 Maret 2022 - 17:48:21 WIB
    Tingkatkan Layanan Kesehatan Bagi WBP, Kemenhumkam Selenggarakan Skrining TBC Pada UPT Pemasyarakata
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 09:40:10 WIB
    Ganjar-Mahfud Menang Head to Head dengan Prabowo-Gibran
    Kamis, 11 Februari 2021 - 22:35:25 WIB
    Dua Pria Pelaku Kasus Narkoba Diciduk Polsek Teluk Mengkudu
    Kamis, 07 Januari 2021 - 16:26:05 WIB
    Vicky Prasetyo Positif COVID-19
    Jumat, 25 Februari 2022 - 13:47:35 WIB
    Ini Dampak Perang Rusia Vs Ukraina Bagi Indonesia
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 19:17:09 WIB
    Alat Beratpun Diterjunkan Guna Membantu Personel TNI AD Bersihkan Kota Masamba
    Kamis, 25 November 2021 - 08:35:45 WIB
    Potret Raya Kitty Usai Setahun Lebih Bercerai
    Minggu, 08 November 2020 - 11:48:07 WIB
    Posisi Start MotoGP Eropa 2020 Nanti Malam, Pol Espargaro Terdepan, Rossi Barisan Belakang
    Jumat, 19 Februari 2021 - 08:39:25 WIB
    Lurah Cipageran Kota Cimahi Penerapan PPKM Skala Mikro Efekif
    Kamis, 14 Juli 2022 - 11:27:41 WIB
    Tuntaskan Kemiskinan Ekstrim, Gubri: Kita Harus Bersinergi
    Selasa, 26 Oktober 2021 - 07:55:33 WIB
    Sekda Kota Pekanbaru Dorong Penelusuran Kontak Erat Pasien Covid-19
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved