Untuk menumbuhkan minat membaca dan mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlak, Dinas Komunikasi Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi melalui Bidang Perpustakaan menggelar Lomba Bercer">
Selasa, 16 Juli 2024  
 
Diskominfoarpus Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kota Cimahi

Rahmad | Jawa Barat
Sabtu, 27 Maret 2021 - 20:08:54 WIB


TERKAIT:
   
 

CIMAHI UTARA | TIRASKITA.COM  – Untuk menumbuhkan minat membaca dan mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlak, Dinas Komunikasi Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi melalui Bidang Perpustakaan menggelar Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Cimahi tahun 2021.

Kegiatan lomba tersebut dimulai dengan seleksi tahap awal dimana para calon peserta diminta untuk membuat video bercerita dengan durasi maksimal 7 menit lalu mengirimkan link video dimaksud ke laman yang telah ditentukan oleh panitia sampai batas akhir tanggal 24 Maret 2021.

Dari total sebanyak 74 peserta yang mengirimkan link videonya, 6 diantaranya terpilih oleh para dewan juri lomba untuk menyampaikan ceritanya secara langsung pada babak final yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Kota Cimahi Jalan Cihanjuang, Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Jum’at (26/3).

Babak final lomba bercerita tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan dan dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Diskominfoarpus Titi Ratna Kemala, yang hadir mewakili Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Sekdis mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lomba bercerita yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan MI/sederajat se-Kota Cimahi tersebut.

“Anak-anak merupakan cikal bakal potensi sumber daya manusia yang harus kita persiapkan agar menjadi generasi penerus yang cerdas, berakhlak serta berwawasan luas sebagaimana tercermin dalam visi Kota Cimahi yaitu menuju Cimahi Baru yang Maju, Agamis dan Berbudaya,” ujarnya.
 
Titi juga menekankan pentingnya menanamkan rasa gemar membaca secara dini dan berkesinambungan kepada anak-anak karena kebiasaan membaca buku merupakan jembatan ilmu yang harus ditumbuh-kembangkan pada diri anak-anak. Adapun tujuan lomba bercerita ini tidak lepas dari persoalan relative rendahnya minat baca pada anak-anak, pelajar dan masyarakat di Kota Cimahi, sehingga perlu dimotivasi dan didorong untuk lebih intensif mengunjungi perpustakaan, serta menggerakkan dan menumbuhkan minat baca terutama pada anak-anak dan masyarakat.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan, mengingat kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu wadah untuk menumbuhkan, dan mengembangkan kecintaan terhadap budaya lokal dan cerita rakyat di kalangan anak-anak yang pada akhirnya mereka dapat mengerti, mengetahui tentang cerita rakyat yang ada di Kota Cimahi dan juga Provinsi Jawa Barat,” tutup dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Diskominforarpus Taryadi Achmad Taufik yang bertindak selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan, pelaksanaan Lomba Bercerita tersebut ditujukan untuk meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik khususnya tingkat SD dan MI sehingga membaca menjadi habit/kebiasaan yang dapat menjadi modal untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka ke depannya. Disamping itu, tujuan strategis dari pelaksanaan lomba tersebut adalah dalam rangka mencari talenta baru yang nantinya akan mewakili Kota Cimahi pada ajang serupa di tingkat provinsi Jawa Barat.

“Harapannya semoga tumbuh budaya membaca minimal di tingkat keluarga dan pada umumnya warga cimahi semuanya bisa membaca atau mengakses untuk selalu membaca ke perpustakaan ataupun melalui aplikasi e-Lib,” tuturnya.
 
Ditanya tentang tingkat penggunaan aplikasi e-Lib Kota Cimahi sejauh ini, Taryadi mengklaim jumlah masyarakat yang mengakses aplikasi ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pihaknya berencana akan terus mengembangkan aplikasi ini agar semakin mudah diakses oleh warga masyarakat yang membutuhkannya.

“Alhamdulillah e-Lib sudah beranggotakan 4,000-an orang. Untuk yang mengaksesnya sendiri sudah sampai 1,500-an orang rata-rata perbulannya selama ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa semakin meningkat untuk yang mengaksesnya,” pungkas Taryadi.

Tampil sebagai pemenang pada babak final Lomba Bercerita tersebut, sebagai Juara 1 yaitu Freya dari SD Hikmah Teladan, Juara 2 Ivana dari SDK BPK Penabur, dan Juara 3 Eleazar dari SDK BPK Penabur. Adapun untuk juara Harapan 1 diraih oleh Dea dari SD Plus Nurul Aulia, dan  Harapan 2 Althaf dari SDN Cimahi Mandiri 1. Pengumuman dan pemberian hadiah lomba dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Seksi Layanan dan Promosi Perpustakaan, Dra. Dida Hadiningsih, M.Si. Turut hadir pada kesempatan itu para orang tua dan guru pendamping dari para peserta yang menjadi finalis lomba bercerita tersebut. (Arif S)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Bareskrim Tetapkan 2 Penyedia Barang Jadi Tersangka Korupsi Gerobak UMKM di Kemendag
  • Polresta Cirebon Hadiri Car Free Day Sumber Dalam Rangka Ops Patuh Lodaya Tahun 2024
  • Tok, Perda P2APBD Jabar TA 2023 Disetujui Bersama DPRD Jabar dan Pemdaprov Jabar
  • Pererat Silaturahmi, Warga RT 004 RW 010 Perum TTI, Makan Bareng
  • Antisipasi DBD Warga RT 004 RW 010 Perum TTI Cirebon, Lakukan Kerja Bakti
  • Audensi FGHP Ke DPRD JABAR Berharap Ada Solusi
  • Lurah Kemantren Cirebon Lakukan Sambang Warga
  • Sekretariat DPRD JABAR Menerima Kunjungan Banggar DPRD Kab Tasikmalaya
  • Harap Pj Walikota Cimahi : Permendagri No 12 Thn 2017 Selektif Dalam Membentuk UPTD
  •  
     
     
    Minggu, 27 September 2020 - 14:56:46 WIB
    Kantor DPRD Pekanbaru Sempat Tutup Sementara
    Kabar Buruk !!! 10 Orang Legislator DPRD Pekanbaru Positif Corona, 1 Diantaranya Wakil Ketua
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:10:11 WIB
    Pesawat Hawk 100/200 Rsn Pecah Ban, TNI AU Selidiki Insiden
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 07:28:20 WIB
    Saat Ditangkap Nia Ramadani Masih Dibawah Pengerush Sabu
    Rabu, 09 November 2022 - 12:29:16 WIB
    KPK Perikaa Eks Gubernur Jatim Sukarwo
    Selasa, 14 Juni 2022 - 11:10:56 WIB
    Polisi akan Periksa Iko Uwais Diduga Keroyok Pria di Bekasi
    Rabu, 04 November 2020 - 10:59:06 WIB
    9 Bulan Belajar di Rumah, Sekolah Mulai Simulasi Pembelajaran Tatap Muka
    Senin, 25 Mei 2020 - 15:06:18 WIB
    Antisipasi Penyebaran Covid 19, Perbatasan Kabupaten Majene Dijaga Ketat
    Antisipasi Penyebaran Covid 19, Perbatasan Kabupaten Majene Dijaga Ketat
    Kamis, 11 Februari 2021 - 13:14:45 WIB
    Terlibat Narkoba Anggota LAN Bengkalis Ditangkap Polisi, Ini Tanggapan Ketua LAN Riau
    Senin, 04 Oktober 2021 - 09:23:28 WIB
    Sidak Kantor KCIC Ketua Komisi I DPRD Berharap
    Jumat, 15 Januari 2021 - 13:22:13 WIB
    Kapolresta dan Istri Ajak Masyarakat Jangan Takut Divaksin
    Senin, 25 Juli 2022 - 09:01:09 WIB
    Distankan Pekanbaru Bakal Suntik Vaksin PMK Ratusan Hewan Ternak Pekan Depan
    Selasa, 01 Desember 2020 - 09:10:42 WIB
    Uu Ruzhanul Sebut Sekolah Demokrasi Penting bagi Generasi Muda
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 14:45:00 WIB
    BKPP Kabupaten Bengkalis Keluarkan Surat Pelaksanaan SKB
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 17:35:50 WIB
    Serah Terima Jabatan, Sekdakab Sergai Resmi Jadi Plh. Bupati
    Jumat, 03 September 2021 - 10:40:32 WIB
    Hebohkan Warga! Mayat Seorang Pria Ditemukan di Parit
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved