Rabu, 17 08 2022  
 
Pelaksanaan Program Pembangunan, Walkot Minta Akurasi Data Batas Wilayah Ditingkatkan

Riswan L | Jawa Barat
Rabu, 18 November 2020 - 18:57:58 WIB


TERKAIT:
   
 
Cimahi | Tiraskita.com - PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cimahi menggelar Sosialisasi Penataan Batas Wilayah (Delineasi) antar Rukun Warga (RW) di Kelurahan Kota Cimahi, bertempat  di Aula Gedung Cimahi Techno Park, Jalan Raya Baros, Utama, Kota Cimahi pada Rabu (18/11).

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) dan Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Cimahi, beserta para Camat, Lurah, para Kepala Seksi Pemerintahan tingkat Kecataman dan Kelurahan terkait di Kota Cimahi. Turut hadir pula selaku narasumber pada kegiatan tersebut adalah Hj. Agustina Rohiani, S. Hut,. M.I.L. dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Barat dan Elvira Hardiana dari Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial.

Dalam laporannya, Aspemkesra Setda Kota Cimahi, Maria Fitriana menyatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan wawasan perangkat daerah dan masyarakat tentang pentingnya penegasan batas wilayah.

Disamping itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk membangun kesepahaman dan meningkatkan kesadaraan para aparatur kelurahan dan kecamatan sesuai dengan fungsinya agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam batas-batas wilayah kelurahan.

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para perangkat daerah, camat, lurah, para Kepala Seksi pemerintahan di kelurahan dan kecamatan serta perwakilan ketua RW dan tokoh masyarakat pada 3 kelurahan sebagai target penegasan wilayah RW tahun 2021, yaitu dari kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah, Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan dan Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara.

“Proses delineasi ini ditempuh melalui beberapa tahapan yaitu, penentuan dokumen penetapan batas, pelacakan garis batas, pemasangan pilar disepanjang garis batas, pengukuran dan penentuan posisi pilar batas, serta pembuatan peta garis batas dengan koridor tertentu.

Penetapan dan penegasan batas antar RW ini sangat penting dalam rangka memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas-batas wilayah, sehingga akan diperoleh data yang akurat terkait luas dari masing-masing RW, Kelurahan, Kecamatan hingga Kota,” ujar Pipiet, sapaan akrab Maria Fitriana.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi penataan batas RW tersebut. Menurutnya, proses delineasi ini dirasakan penting terlebih bagi RW-RW terluar yang menjadi tapal batas Kota Cimahi dengan Kota/Kabupaten tetangga.

Menurutnya, ada fenomena yang cukup menarik terkait total luas wilayah Kota Cimahi dalam Kota Cimahi Dalam Angka yang tidak sama apabila dibandingan dengan beberapa dokumen resmi pemerintahan lainnya yang dikeluarkan oleh Provinsi dan Pusat. Hal ini menunjukkan adanya ketidaksinkronan dalam pengukuran luas wilayah di satuan-satuan pemerintahan daerah di Kota Cimahi.

“Makanya Pemkot memandang penting penataan batas wilayah RW ini. Harap dipahami bahwa upaya penataan dan penegasan batas daerah bukan untuk mengkotakkan wilayah, tetapi lebih pada upaya penataan batas wilayah kerja administrasi pemerintahan, untuk mempermudah koordinasi pembangunan maupun pembinaan kehidupan masyarakat di wilayahnya,” terang Ajay. 

Ke depannya, Wali Kota Ajay meminta meminta kepada pemangku wilayah terutama Camat dan Lurah, untuk melakukan identifikasi dan penelusuran dokumen terkait batas dan melaksanakan koordinasi vertikal dengan BIG, dan OPD / Instansi terkait untuk mengantisipasi manakala terdapat data yang tidak akurat.

Ia juga meminta seluruh jajaran terkait untuk melakukan koordinasi dengan para pemangku wilayah perbatasan pada pemerintah daerah Kota/Kabupaten tetangga untuk menghindari sengketa wilayah dan terus menggali informasi dari masyarakat setempat untuk meminimalisir perbedaan persepsi dan menginventarisir keakuratan data serta informasi lainnya terkait kewilayahan.

“Melalui sosialisasi hari ini, semoga dapat menghasilkan batas wilayah yang jelas yang akan mempermudah kita dalam melihat kondisi masyarakat seperti status sosial dan potensi yang dimilikinya, sehingga apapun program yang diberikan dari pemerintah dapat disampaikan tepat sasaran kepada masyarakat.

Semoga kegiatan ini juga dapat meningkatkan ikatan tali silaturrahim dan kerjasama, sehingga diharapkan kedepan dapat membawa kemajuan pembangunan yang lebih baik,” tutup Ajay.(Arif S)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Surya Darmadi Tersangka Kasus Korupsi Rp 78 T
  • Presiden Jokowi di Pidato Kenegaraan 2022, Pakai Baju Adat Bangka Belitung
  • Menteri Investasi Pastikan Hilirisasi di Freeport Indonesia Terus Berjalan
  • Plt Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibraka Kota Cimahi
  • 'Tidak Ada Negara yang Memberikan Subsidi BBM dan LPG Sebesar Indonesia'
  • Pj Wali Kota Pekanbaru: Ruang Pustaka Setiap Kecamatan Jantung Ilmu Pengetahuan
  • Polrestro Jakarta Barat Bongkar Jaringan Narkoba Internasional
  • Siapa Jenderal Polisi Bintang 3 Yang Hendak Mundur Gegara Kasus Fredy Sambo?
  • Pemkot Cimahi Mulai Revitalisasi Stadion Sangkuriang
  •  
     
     
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 19:16:00 WIB
    Avanza Tabrak Motor dan Petugas Kebersihan
    Selasa, 15 Juni 2021 - 17:22:46 WIB
    Muslimawati Catur Sosialisasikan Pemanfaatan Sampah Agar Bernilai Ekonomi
    Selasa, 21 Juni 2022 - 19:52:02 WIB
    Pansus VI: DLH Jabar Bisa Tiru Sumsel Urus Persoalan Tanah
    Selasa, 26 Januari 2021 - 10:42:35 WIB
    Pemkot Cimahi Putuskan Jalankan PPKM Jilid 2
    Selasa, 12 Januari 2021 - 20:23:42 WIB
    Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi Menyiapkan Lahan Covid 19
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 14:29:30 WIB
    Pelaksanaan Shalat Jum’at Perdana Masjid Al-Ihklas Dihadiri Langsung Bupati Kampar
    Kamis, 18 Februari 2021 - 17:42:29 WIB
    2 Kurir Narkoba Ditangkap Polres Dumai
    Minggu, 16 Mei 2021 - 12:35:54 WIB
    Fakta Tentang Iptu Santi Pembongkar Sabu Senilai Rp 400 M, Cantik Tapi Garang Tak Ragu Menembak
    Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:54:47 WIB
    Hari Ini Pangdam XVIII/Kasuari Resmi Tutup Opster TNI Kodim 1806/TB
    Minggu, 12 Juli 2020 - 09:55:27 WIB
    Lawan Mafia BUMN
    Bara JP Riau Apresiasi Penuh Erick Thohir “Bersihkan BUMN”
    Kamis, 11 Februari 2021 - 09:00:11 WIB
    Wamendes Budi Arie Harap Dana Desa 2021 Sentuh Sektor Produktif
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 15:01:57 WIB
    Proyek Pembangunan IPAL di Wilayah Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang di Pertanyakan
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 12:55:52 WIB
    Pemerintah Kabupaten Pelalawan Laksanakan Apel HUT Provinsi Riau
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 09:27:45 WIB
    DPRD dan Direktur RSUD Pasaman Barat Studi Banding ke RSD Madani
    Rabu, 17 Juni 2020 - 10:51:21 WIB
    Ikatan Istri Siswa Dikreg LVIII Seskoad TA. 2020 Wilayah Kodam IV Menerima Pelatihan Kepemimpinan
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved