Minggu, 11 April 2021  
 
DPRD Kampar Gelar Paripurna HUT Kabupaten Kampar ke-71, Bertemakan Basamo Mambolo Nagoghi

Rahmad Gea | Riau
Sabtu, 06 Februari 2021 - 21:36:11 WIB

BANGKINANG | Tiraskita.com - Memperingati hari jadi Kabupaten Kampar ke- 71 tahun 2021, DPRD Kampar mengelar Rapat Paripurna HUT ke-71 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kampar, Muhammad Faisal, ST., Sabtu 06/02/2021.

Dihadiri oleh Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, SH dan turut hadir   Wakil Gubernur Provinsi Riau, Brigjen TNI (Purn) H. Edi Natar Nasution, S.IP, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs.Yusri MSi dan Forkopimda, Staf ahli dan  para kepala dinas di lingkungan Pemda Kabupaten Kampar serta para undangan lainnya.

Adapun tema HUT ke-71 Kabupaten Kampar tahun 2021 ini yaitu "Basamo Mambolo Nagoghi" yang merupakan bahasa daerah Ocu Kampar jika diartikan dalam bahasa nasional "Bersama memelihara negeri".

Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang berdiri

Tema ulang tahun Kambupaten Kampar tahun ini lebih diartikam bersama membangun negeri dan bersama memberikan solusi yang baik dalam membangun negeri demi kemajuan Kabupaten Kampar yang baik ke depannya.

Dengan dilaksanakannya HUT Kabupaten Kampar ini, diharapkan sebagai introspeksi untuk pembangunan Kabupaten Kampar yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau. Kabupaten Kampar ini dikenal dengan julukan ‘Serambi Mekah’. Selain itu Kabupaten Kampar juga dikenal dengan julukan ‘Bumi Sarimadu'.

Kabupaten Kampar yang beribu kota di Bangkinang ini memiliki luas 11.289,28 km² atau 12,26% dari luas Provinsi Riau dan berpenduduk 851.837 jiwa (sensus pada tahun 2018).

Pada awalnya berdirinya, Kampar termasuk sebuah kawasan yang luas yang dilalui oleh sebuah sungai besar, yang dikenal dengan Sungai Kampar. Berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit, beberapa sejarawan menafsirkan bahwa yang dimaksud Minanga Tanvar adalah pertemuan dua sungai yaitu  pertemuan Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri. Teori ini didukung dengan penemuan Candi Muara Takus di tepian Sungai Kampar Kanan, yang diperkirakan telah ada pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'RAPAT WAN PERWAKILAN PARIPURNA RAKYAT DAEP KAB TEN KAMPAR AN AGENDA NGATI HARI JADI KE LXXI TAHU UUJAR 20% MEM KABUP'

Berdasarkan Sulatus Salatin disebutkan adanya keterkaitan Kesultanan Melaka dengan Kampar. Kemudian juga disebutkan Sultan Melaka terakhir, Sultan Mahmud Shah setelah jatuhnya Bintan tahun 1526 ke tangan Portugis, melarikan diri ke Kampar, dua tahun setelah itu beliau mangkat dan dimakamkan di Kampar. Dalam catatan Portugal, disebutkan bahwa di Kampar waktu itu telah dipimpim oleh seorang Raja yang juga memiliki hubungan dengan penguasa kerajaan Minangkabau.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan teks yang menyatakan 'RAPAT PARIPURNA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAER KABU EN KAMPAR DE AGENDA MEMPE HARI JADI ABUP KE LXX TAHU WARI 2021'

Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST, mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama ikut berkontribusi membangun Kampar. Sebab menurut Faisal, Kampar harus maju dan bangkit, bersatu padu dalam kebersamaa dan keberagaman.

"Apa yang kurang kita benahi bersama, insya Allah kita bisa lebih berinovasi dan menggali potensi-potensi daerah serta senantiasa melibatkan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Kampar, jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri," kata Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST, Sabtu (6/2/2021).

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'P DW KABUPATEN RAPAT PARIPURNA PERWAKILAN RAKYAT DENGAN Er MIEN - PAR KAM'

Hal itu disampaikan Politisi Partai Gerindra tersebut saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-71 Kabupaten Kampar, tepat pukul 10.00 wib bertempat di gedung DPRD Kampar. Dalam paripurna ini, Ketua DPRD membuka sidang didampingi Wakil Ketua DPRD Kampar Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat.

Paripurna ini tetap berjalan secara khidmat meskipun tidak semeriah tahun sebelumnya, dikarenakan tahun ini diperingati di tengah pandemi Covid-19. Tamu undangan juga tidak ramai, hanya mengundang tokoh masyarakat, tokoh adat dan anggota DPRD, sedangkan tamu yang lainnya mengikuti secara virtual.

Adapun tema HUT ke-71 Kabupaten Kampar tahun 2021 ini yaitu "Basamo Mambolo Nagoghi" yang merupakan bahasa daerah Ocu Kampar jika diartikan dalam bahasa nasional "Bersama memelihara negeri".

"Tema ini merupakan tekad kita bersama untuk segera mewujudkan Kabupaten Kampar yang maju di segala bidang. Kita menyadari pandemi covid-19 telah memberi ujian kepada capaian kemajuan di segala lini," sebut Ketua DPRD Muhammad Faisal dalam pidatonya.

Saat ini, lanjut Ketua DPRD, beberapa hal yang masih perlu dibenahi untuk mewujudkan Kabupaten Kampar yang sejahtera diantaranya adalah masih perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan
"Kita masih perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi dan kita juga masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan juga memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi," terang Muhammad Faisal.

Ditambahkannya, bahwa dalam rentang sejarah 71 tahun para tokoh, pemimpin serta para pejuang Kabupaten Kampar telah berkarya silih berganti, setiap pemerintahan yang berbhakti di masanya telah bekerja keras dan bertekad membangun untuk kabupaten yang lebih baik.( ADV)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Pendaftaran CPNS Sudah Dibuka
  • Cabuli Anak Tirinya, Pelaku Dilaporkan dan Ditangkap Polsek Tapung Hulu
  • Taruna Latsitardanus 41 dan Masyarakat Renovasi Gereja, Masjid dan Rumah
  • Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang akan Mengguyur Riau
  • Tahap Seleksi CPNS 2021: Syarat, Pendaftaran, dan Pengumuman
  • Oknum Pegawai KPK Curi Barang Bukti Emas 1,9 kg
  • Sambut Ramadhan, Bupati Kasmarni Laksanakan Syukuran Dan Doa Bersama
  • Audiensi Bersama Pemkab Bengkalis, MUI Sampaikan Program Kerja
  • Kunker ke Grobogan, Bupati Akan Terapkan SRG di Kampar
  •  
     
     
    Rabu, 20 Mei 2020 - 12:47:17 WIB
    LAWAN COVID-19
    Patroli Tim Gugus Covid-19 Sosialisasi PSBB Sasar Tempat Keramaian Dan Cafe.
    Rabu, 22 Juli 2020 - 09:09:22 WIB
    LAWAN COVID-19
    Positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kampar Langsung Gerak Cepat
    Jumat, 30 Oktober 2020 - 05:13:07 WIB
    Kegiatan Gebyar Budaya Melayu Riau 2020
    Gubri dan Pjs Bupati Siak Dihadang Mahasiswa di Acara Tak Berizin
    Senin, 15 Februari 2021 - 16:59:17 WIB
    Pemkot Cimahi Kembali Merencanakan Pengurangan Pajak Tahun 2021
    Jumat, 17 Juli 2020 - 12:00:50 WIB
    DPR dan Pemerintah Sepakat Ganti RUU HIP dengan RUU BPIP
    Kamis, 07 Mei 2020 - 07:09:34 WIB
    LAWAN COVID-19
    Pemudik Ngumpet di Truk Barang Kepergok Kapolda di Palimanan
    Selasa, 05 Mei 2020 - 18:41:19 WIB
    LAWAN COVID-19
    Nekat Berporasi Di Tengah Pandemi Covid-19, Tempat Hiburan Malam Digerebek polisi
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:18:56 WIB
    Kota Pekanbaru Banyak Masalah, LKS Masih Diperjualbelikan
    Kamis, 10 Desember 2020 - 12:45:02 WIB
    Gubernur Ridwan Kamil Apresiasi Pencoblosan di Kabupaten Bandung
    Kamis, 25 Juni 2020 - 12:59:14 WIB
    BANTUAN SOSIAL
    Kembali Serahkan BLT-DD, Bupati Kampar Juga Sisir Masyarakat Miskin Yang Belum Kebagian Bantuan BLT-
    Minggu, 28 Juni 2020 - 21:45:14 WIB
    Hari Bhayangkara Ke-74, Sebanyak 35 Orang Tukang Ojek Di Inhil Mendapatkan Servis Gratis
    Rabu, 27 Mei 2020 - 17:26:09 WIB
    Pangdam IM Terima Audiensi Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh
    Pangdam IM Terima Audiensi Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh
    Selasa, 16 Februari 2021 - 18:42:31 WIB
    Fasilitas Tak Lengkap, RSD Madani Ditolak BPJS Kesehatan
    Kamis, 23 Juli 2020 - 18:22:55 WIB
    Sekda Kampar ; Bagaimanapun Saat ini lahan Wajib Dipertahankan
    Kamis, 25 Maret 2021 - 11:23:43 WIB
    Babinsa Koramil 07/Alasa Kodim 0213/Nias Melaksanakan Vaksinasi Tahap Pertama
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved