Cimahi tiraskita.com,- Pembukan kejuaraan olah raga  tingkat tingkat pelajar sekota cimahi,utk memperebutkan Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 resmi di buka di Stadion Sangkuriang Kota Cimahi, Juma">
Sabtu, 13 April 2024  
 
Pembukaan Kejuaraan Olah Raga Tingkat Pelajar Di Buka Pj Wali Kota Cimahi

Kah | Olahraga
Jumat, 01 Maret 2024 - 19:39:52 WIB

Olahraga Pelajar
TERKAIT:
   
 
Cimahi tiraskita.com,- Pembukan kejuaraan olah raga  tingkat tingkat pelajar sekota cimahi,utk memperebutkan Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 resmi di buka di Stadion Sangkuriang Kota Cimahi, Jumat (01/03).

Keikutsertaan para pelajar dalam kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen nyata Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam rangka memajukan pembinaan prestasi bagi para siswa-siswi di Kota Cimahi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

“Kejuaraan Olahraga Pelajar ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan program Cimahi Bergerak, yaitu program untuk menggalakan berolahraga dan beraktivitas yang tujuannya untuk membentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi,” tutur Dicky.

Sedangkan bagi para pelajar, Dicky menyebut Kejuaraan Olahraga Pelajar merupakan salah satu sarana untuk pembentukan karakter, “Kegiatan ini menjadi ajang bagi pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dan merupakan salah satu bagian dari empat pilar pendidikan karakter, yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir, dan olah raga,” sambungnya.

Menurutnya olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building  atau pembangunan watak bangsa.
“Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa,” lanjut Dicky.

Peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan.Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran ini akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi kesehatan adalah melalui bidang olahraga. Kegiatan yang lebih mengarah pada proses pembelajaran telah dilaksanakan di sekolah-sekolah melalui program-program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Sedangkan untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan atau kejuaraan olahraga yang salah satu program yang dilaksanakan adalah melalui penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Pelajar Piala Wali Kota Cimahi ini.
Dicky berharap melalui Kejuaraan Olahraga Pelajar para pelajar dapat menjadikannya sebagai suatu kesempatan sekaligus  kepercayaan  dengan pemikiran bahwa  tidak semua siswa-siswi di Kota Cimahi memiliki kesempatan untuk mengikuti  kejuaraan pelajar ini, sehingga kesempatan yang didapat haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
“Berbagai latihan, disiplin, keterampilan, wawasan kebangsaan dan kesempatan yang diperoleh selama kejuaraan ini, merupakan hal yang amat penting dalam membentuk karakter, identitas dan integritas kalian dan sebagai bekal untuk meraih kesuksesan  di masa depan,” tutur Dicky.

“Lalu dengan menjadi wakil sekolah ataupun klub, berarti kalian diberi kepercayaan, kehormatan, sekaligus tanggung-jawab untuk menumbuhkembangkan kegiatan pembinaan olahraga prestasi di Kota Cimahi dengan menjadi atlet yang berjuang membawa nama harum Kota Cimahi.”

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudoarpora) Kota Cimahi Ahmad Nuryana menyatakan bahwa Kejuaraan Olah Raga Pelajar ini selain untuk  mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar Kota Cimahi, juga sebagai ajang seleksi pembentukan Tim Pelajar Kota Cimahi yang akan dipersiapkan diantaranya untuk POPWILDA dan POPDA.

“Kejuaraan ini juga adalah untuk mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang akan menjadi atlet andalan Kota Cimahi dan Jawa Barat, juga menjadi momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih juga berprestasi di ajang olahraga dengan motto Cimahi Bergerak,” tutur Achmad.

Adapun Kejuaraan yang akan berlangsung selama tujuh hari mulai  tanggal 1 Maret hingga 7 Maret 2024 ini diikuti oleh sebanyak 700 (tujuh ratus) orang pelajar dari sekolah-sekolah di Kota Cimahi, diantaranya pelajar SMA/SMK/MA sebanyak 11 Sekolah serta pelajar SMP/MTS sebanyak 13 Sekolah. Dalam kejuaraan ini dipertandingkan 2 cabang olahraga yang terdiri dari bola basket kategori putra dan putri serta sepak bola kategori putra. (Arif.s)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Dandim 0620/Kab Cirebon Bersama Forkopimda Lainnya Tinjau Pospam Ops Ketupat Lodaya 2024
  • Jaga Kesehatan Personel, Kasatgas Banops Ketupat LK 2024 Polres Rohil Gelar Cek Tensi & Beri Vitamin
  • Publik Meminta SF Haryanto Pj Gubri, Evaluasi Kadis PUPR-PKPP Riau & Jajaran
  • Dinas PUPR Turut Meriahkan Tradisi Lampu Colok Khas Bengkalis
  • Mudik Gratis 1445 H /2024 M Resmi di Lepas Pemkot Kota Cimahi
  • Danrem 072/Pmk Menerima Audensi Himpunan Mahasiswa Islam UIN Sunan Kalijaga DIY
  • Pemkot Cimahi: Stok Pangan Menjelang Lebaran Di Pastikan Aman
  • Pangdam IV/Diponegoro : Hidup Harus Dinikmati dan Disyukuri
  • Tekan Inflasi, Pemerintah Kabupaten Kampar Gencar Laksanakan Kegiatan GPM
  •  
     
     
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:45:56 WIB
    Kunjungi Posyan Citra Raya, Kapolda Banten Apresiasi Panel Data Digital dan Stan Kopi Gratis
    Kamis, 14 Juli 2022 - 11:15:21 WIB
    Bareskrim Polri dan BNN Bersinergi Upayakan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 16:03:38 WIB
    Pemkab Bengkalis Siap Mengimplementasikan Pesan KASN Tentang Gernas Netralitas ASN
    Minggu, 09 Mei 2021 - 15:50:24 WIB
    Gardanis Dan Bon's Sibolga Kunjungi Korban Kebakaran Di Pasar Belakang
    Senin, 19 September 2022 - 12:51:42 WIB
    Pemko Targetkan APBD-P Sudah Disahkan Akhir Bulan Ini
    Kamis, 07 Mei 2020 - 09:41:05 WIB
    LAWAN COVID-19
    Gereja HKI Bekasi Dapatkan Bantuan Sembako Dari Sukur Nababan
    Rabu, 01 Juli 2020 - 22:25:15 WIB
    HUT Polri ke-74
    Di Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Serang Tetap Rutin Lakukan Protokol Kesehatan
    Minggu, 02 Mei 2021 - 23:33:58 WIB
    Kasus Covid-19 Meningkat , FPK Riau Himbau Warga Patuhi Prokes Dan Tidak Mudik Lebaran
    Senin, 20 September 2021 - 08:49:58 WIB
    Presiden Sampaikan Kontribusi Indonesia Hadapi Situasi Darurat Sektor Energi dan Iklim
    Rabu, 01 April 2020 - 18:03:46 WIB
    Dumai Antisipasi Penyebaran Covid-19
    Wako Dumai Prediksi Puncak Corona Di Bulan April, Ia Berharap Masyarakat Lebih Peduli
    Jumat, 30 Juli 2021 - 11:51:48 WIB
    Libatkan Napi, Polda Musnahkan 145.58 Kg Sabu
    Selasa, 18 Mei 2021 - 20:37:16 WIB
    Presiden Jokowi Datang Lagi Ke Riau Besok, Cek Pembangunan Jl.Tol
    Senin, 03 Februari 2020 - 00:44:36 WIB
    Apa itu Cyber Bullying? Begini Keterangan Kabid Humas Polda Banten
    Sabtu, 05 Juni 2021 - 09:10:58 WIB
    Hadiri Pelantikan Pengurus PCNU Sergai, Bupati Darma Wijaya : " Muliakan Para Ulama "
    Jumat, 13 Maret 2020 - 11:51:40 WIB
    DALAM MENUNJANG BISNIS GLOBAL
    Pelindo 1 Sei Pakning Tingkatkan Peran Marine
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved