Rabu, 24 April 2024  
 
Berbagai pencapaian menjadi pijakan berarti untuk melompat lebih tinggi di ranah otomotif Indonesia.
Pssstt.. Rahasia Sukses MG di Tahun Ini, Ungkap Strategi Jitu di 2023

RL | Ekbis
Kamis, 08 Desember 2022 - 15:14:27 WIB


TERKAIT:
   
 
Jakarta, Tiraskita.com – Dinamika pasar otomotif setahun ini tidak menyurutkan langkah MG Motor Indonesia untuk terus menjadi game changer dan meningkatkan layanan bagi penggunanya. Justru 2022 meninggalkan jejak berupa torehan prestasi yang sangat membanggakan.

MG Lebih Dekat dengan konsumen

Untuk mendekatkan diri dengan para konsumen di tanah Air, MG terus menerus melakukan langkah agresif selama tahun 2022, melalui berbagai macam pola komunikasi termasuk didalamnya adalah penetrasi digital, MG berani untuk melakukan gebrakan yang berbeda dan unik sehingga bisa semakin eksis di pasar otomotif Indonesia.

Beberapa aktivitas yang utama seperti exhibition untuk menunjukan seluruh line up MG yang dilakukan di hampir 500 tempat pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia, baik di Jabodetabek maupun di seluruh kota besar tanah Air pun dilakukan MG demi memperlihatkan kecanggihan produk-produknya seperti; SUV MG HS & New MG ZS, sedan four door coupe MG 5 GT serta beberapa line up mobil listrik New MG ZS EV, MG 5 EV yang dapat di uji coba oleh konsumen secara langsung. 

Belum lagi program-program aktivasi jemput bola MG untuk memberikan experience test drive langsung kepada konsumen dengan mengadakan program residential test drive, dimana akhirnya para konsumen dengan mudah bisa merasakan berkendara ala Inggris di seluruh line-up yang ditawarkan oleh MG. 

MG juga aktif ambil bagian dalam berbagai ajang international autoshow di Indonesia. Di bulan Maret, showcasing interior MG 5 GT digelar di Senayan Park dan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW). Harga sedan coupe 4 pintu tersebut (mulai Rp339,9 juta) kemudian diungkap pada IIMS, ajang tempat MG memenangkan penghargaan Best EV Concept Car untuk MG 5 EV serta Best Booth Design Award.

Layanan Purna Jual MG yang Prima

Selain memberikan produk yang mumpuni dengan kualitas tinggi, MG sangat peduli dengan layanan purna jual yang diberikan. Salah satunya adalah program MG #LebaranMudahMudik yang memastikan kendaraan yang sudah dimiliki oleh konsumen MG dalam keadaan prima pada saat dibawa berkendara menuju kampung halaman masing-masing. Hal itu tercermin pada layanan after-sales yang bernama MG CARE 34 Inspection Point. Tidak lupa juga, garansi yang diberikan MG selama 5 tahun dan layanan gratis untuk biaya perawatan mobil yang diberikan secara cuma-cuma yang diberikan 4 tahun/50,000km termasuk suku cadang dan jasa, yang membuat seluruh konsumen MG merasa nyaman dan tenang karena kesigapan MG menyediakan layanan purna jual tersebut.


MG Lebih dekat dengan Millennials

Pada bulan Juli sebuah kolaborasi antara MG dengan seniman visual Indonesia, Muklay, melahirkan mobil MG 5 GT edisi Muklay. Kreasi ini mengusung 10 karakter unik yang merepresentasikan budaya dan gaya anak muda.

Muklay bukanlah satu-satunya artis yang berkolaborasi dengan MG tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, sebulan kemudian MG menggandeng 77 seniman visual Indonesia yang tergabung dalam komunitas Doodle Art Indonesia untuk menggambar doodle bertema Nusantara di mobil listrik MG 5 EV. Tema tersebut dipilih untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Karya mereka dipamerkan di GIIAS 2022, sementara inisiatif kreatif ini dianugerahi penghargaan dari MURI sebagai The Most Doodle Painting in Electric Vehicle. Pada ajang tersebut MG sekaligus mengenalkan MG New ZS EV dan MG Extender dengan mengusung tema Evolution Forward. Keduanya sukses menyedot perhatian para pengunjung di sana.

Catatan Prestasi MG 

Di tahun ini pun, MG banyak meraih penghargaan salah satunya adalah ditasbihkannya MG 5 GT sebagai Favorite Passenger Car Sedan pada ajang GIIAS Series. Dan yang baru saja diterima pada akhir November tentunya penghargaan Total Cost of Ownership (TCO) untuk kategori Medium SUV yang diterima oleh MG HS pada program GridOTO Award 2022.

Atas segala pencapaian tersebut, Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengucapkan, “Terima kasih banyak kepada seluruh pecinta otomotif dan pengguna MG di Indonesia untuk respons yang sangat positif, sehingga MG dapat meneruskan kiprah suksesnya di Tanah Air.”

Ia melanjutkan, “Hingga saat ini MG telah berhasil menjadi brand otomotif dengan value yang sangat kuat, target pasar dan audiens yang jelas, serta produk-produk yang meredefinisi ekspektasi pecinta otomotif Tanah Air.”

Arief pun menegaskan komitmen MG, “Untuk terus memberi perhatian yang besar kepada layanan purna jual sebagai bentuk apresiasi kami kepada semua konsumen MG. Kami ingin memastikan kondisi kendaraan para pengguna MG tetap prima, dengan pengeluaran yang tetap terjaga, lewat layanan MG Care.”

Berbagai program yang MG jalankan tidak semata berkutat pada urusan otomotif. Tahun ini MG melanjutkan dukungannya kepada sektor pariwisata. Campaign #MGDiscoverIndonesia kembali mempromosikan destinasi-destinasi yang tersebar di Nusantara, kali ini MG mendorong para pengendaranya berburu berbagai hidden gem di kota-kota tanah Air seperti Bandung, Medan, dan Surabaya


Mengintip misi MG tahun depan

Seperti disampaikan oleh Arief, di tahun 2023 MG ingin lebih mendekatkan diri kepada target pasar utamanya, yakni milenial dan Gen-Z. “Kami ingin menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin mengejar mimpi dan passion-nya dengan semangat Go Beyond and Make Possible,” tuturnya.

Meski ada kekhawatiran di kalangan pelaku industri bahwa pasar otomotif akan melambat karena situasi dunia yang dibayangi resesi, Rendi Radito, Sales & Network Director MG Motor Indonesia, mengaku optimis. “Berkaca pada dinamika pasar mobil tahun ini, MG tetap berhasil menjadi game changer di Indonesia,” ia memberi alasan. “Kami berhasil membukukan penjualan yang sangat baik, dan data GAIKINDO memasukkan sedan MG ke dalam daftar top 2 sedan terlaris di Indonesia dari Juli sampai Oktober 2022.”
Menurut GAIKINDO juga, pasar otomotif masih prospektif di 2023, dengan pertumbuhan penjualan mobil SUV yang masih mendominasi. Ditambah, minat terhadap electronic vehicle yang semakin meningkat. “Di tahun 2022 saja penjualan domestik mencapai 758.216 unit hingga kuartal ketiga,” terangnya. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya tren positif untuk industri otomotif semakin berkembang setelah era pandemi. 

Karena itu, dengan penuh percaya diri MG akan meluncurkan mobil baru dari lini SUV dan EV. Ini bisa jadi hal yang paling dinanti tahun depan, namun Arief dan Rendi masih enggan membocorkan lebih lanjut. “Rilisnya awal tahun, dan yang jelas tetap mengusung konsep desain BRIT DYNAMIC serta terdepan di kelasnya,” tutur Arief seraya kemudian menutup rapat detailnya.

Selain campaign #MGDiscoverIndonesia akan hadir kembali dengan konsep baru, namun tetap mempromosikan keunikan kultur Indonesia, MG konsisten menempatkan after sales service pada papan atas layanannya. MG telah melakukan berbagai persiapan untuk terus meningkatkan kualitas dealer 3S demi menyajikan pelayanan excellent bagi konsumen Tanah Air.

MG akan terus mengembangkan kolaborasi dengan para dealers lewat rencana perluasan area dan tipe layanan yang mengusung konsep baru yaitu 4S, Sales, Spareparts, Service, dan satu hal yang baru, Style. “Tahun depan kami akan meresmikan konsep dealer 4S di beberapa kota di tanah Air,” kata Rendi, “yang mencakup penjualan, penyediaan suku cadang, serta layanan servis  dan tempat yang menunjang gaya hidup para konsumen MG sehingga lebih nyaman, memadai, dan memuaskan.”
Dirinya berharap, “MG terus menjadi game changer di pasar otomotif, dan kita semua #GoBeyondandMakePossible di tahun 2023 bersama-sama.”

Tentang MG Motor Indonesia

Berasal dari Inggris, MG telah berdiri hampir 100 tahun. Pusat desain dan permesinan yang kini berlokasi di London secara konsisten menawarkan Brit Dynamic, yaitu rangkaian keunggulan standar pengalaman berkendara yang meliputi desain khas Inggris, handling penuh presisi, tenaga terdepan, dan keselamatan tanpa kompromi. Kini MG dapat dinikmati di Indonesia dengan mengakses 16 titik outlet resmi yang tersebar di wilayah Medan, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Makassar, Manado dan menyusul beberapa kota besar lainnya di Indonesia. 



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Peringati Hari Bumi, Kota Cimahi Kirim Perdana RDF Di TPS Santiong
  • Laporan Wartawan Atas Dugaan Pengancaman Kepada Wartawan Naik Sidik
  • Saya Siap Maju Pilkada SBD, Ini Wakilnya Saverinus Kaka
  • Rapat Paripurna DPRD JABAR Untuk Ranperda Prakarsa
  • Jadi Ajang Dalam Berdakwah, CISSA-HK, Sukses Gelar Kegiatan Semarak Ramadan
  • Bahas Prosedur hingga Mekanisme Reses Dengan DPRD Sumatra Selatan
  • Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halalbihalal "Mari Perkuat Silaturahmi & Sucikan Hati"
  • Dandim 0620/Kab Cirebon Bersama Forkopimda Lainnya Tinjau Pospam Ops Ketupat Lodaya 2024
  • Jaga Kesehatan Personel, Kasatgas Banops Ketupat LK 2024 Polres Rohil Gelar Cek Tensi & Beri Vitamin
  •  
     
     
    Kamis, 21 Mei 2020 - 18:50:58 WIB
    Kemenkumham Gelar Rapid Test Covid-19 Bagi Wartawan
    Yasonna Laoly: Pekerja Media Juga di Garda Depan
    Selasa, 14 November 2023 - 20:46:54 WIB
    DPRD Jabar : Penyempurnaan Pembahasan Raperda APBD Tahun 2024
    Senin, 22 Agustus 2022 - 12:09:58 WIB
    Imigrasi Dumai Deportasi 12 Warga Bangladesh Ke Negara Asalnya
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:11:13 WIB
    Cegah Covid 19, Babinsa Koramil 07/Alasa Aktif Berikan Himbauan Kepada Masyarakat
    Kamis, 10 Februari 2022 - 08:32:06 WIB
    Pembangunan Kawasan Industri Pasti Ada Dampaknya
    Jumat, 21 Februari 2020 - 16:35:19 WIB
    Presiden Joko Widodo
    Jokowi Resmikan APR, Pabrik Pendongkrak Tekstil
    Senin, 18 Januari 2021 - 19:55:34 WIB
    Divisi Keimigrasian Kanwil KumHam Riau Sampaikan Materi Peraturan Keimigrasian
    Kamis, 20 Mei 2021 - 22:49:57 WIB
    Bupati Bengkalis Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026
    Jumat, 14 Januari 2022 - 17:17:42 WIB
    Kiprah 20 Tahun, Bakti Untuk Negeri AAU 2001 Di Ujung Barat Perbatasan NKRI
    Rabu, 11 Maret 2020 - 08:47:39 WIB
    DUGAAN TELAH TERJADI SUAP MENYUAP
    Deddy Handoko Diperiksa KPK, terkait Terima Mobil Mewah dari Wawan. Adik Gubernur Atut
    Rabu, 24 Februari 2021 - 11:53:44 WIB
    Peran Aktif Polri Ditengah Pandemi Covid 19
    Wakapolda Riau : Peresmian Polsubsektor Bukti Polri Hadir Ditengah Masyarakat
    Jumat, 18 Februari 2022 - 12:47:11 WIB
    Kemenko Perekonomian bersama Pemprov Riau bahas Tata Ruang dan Perbatasan antar Daerah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:16:02 WIB
    Plh. Bupati Bengkalis Ikuti Vidcon Perpes Nomor 64 Tahun 2020
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:46:00 WIB
    LAWAN COVID-19
    Tanggap Covid-19, Sekda Kampar Drs. Yusri lakukan Swab Tes di Diskes Kampar
    Senin, 14 November 2022 - 10:46:23 WIB
    Kosmos Dengan Masyarakat, Mayjen Sudaryanto: Kekuatan Kita Jika SDM Kita Cerdas dan Sehat
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved