Kamis, 21 Oktober 2021  
 
Antisipasi Ketahanan Pangan
Kapolresta Pekanbaru, Walikota Pekanbaru & Dandim 0301 Pekanbaru Resmikan Kampung Tangguh

Sefi Zai | Pemko Pekanbaru
Kamis, 09 Juli 2020 - 19:15:56 WIB

PEKANBARU | Tiraskita.com - Kapolresta Pekanbaru bersama Walikota Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru resmikan Kampung tangguh dalam rangka antisipasi ketahanan pangan di kota Pekanbaru.

Sesuai dengan program Panglima TNI dan Kapolri paskah pemberlakuan PSBB dengan merebaknya virus covid 19 yang sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, Polresta Pekanbaru bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kodim 0301 Pekanbaru menjadikan kelurahan Argowisata yang berada di kecamatan Rumbai sebagai lahan percontohan ketahanan pangan di kota Pekanbaru.

Peresmian Kampung Tanggung Nusantara kota Pekanbaru dilaksanakan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH bersama Walikota Pekanbaru Ir Firdaus ST MT dan Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman SIP kamis 09 Juli 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolresta Pekanbaru AKBP Yusuf Rahmanto SIK MH, PJU Polresta Pekanbaru, Kapolsek Jajaran, Danramil, Camat, ibu Ketua Bayangkari kota Pekanbaru Ibu Hj Vinna Nandang, tokoh masyarakat dan masyarakat tempatan.

Dalam sambutannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang menyebutkan bahwa "Kampung tangguh ini bertujuan untuk mengantisipasi ketersediaan pangan bagi masyarakat saat menghadapi pandemi covid 19 di kota Pekanbaru".

'Kampung Tangguh Nusantara ini suatu lokasi kampung atau Kelurahan maupun desa yang memiliki kategori berbagai aspek ditinjau dari aspek kesehatannya apakah Kampung tersebut memenuhi standar protokol kesehatan dengan didirikannya posko kesehatan" unggah Kombes Nandang.

"Perilaku hidup baru atau nomor normalife Setiap warga yang ada di kota Pekanbaru ini benar-benar harus mematuhi protokol Kesehatan baik penggunaan masker, kemudian pengukuran suhu, kemudian juga membersihkan tangan dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain" tambah Kombes Nandang.

Faktor Keamanan suatu kampung juga merupakan Salah satu syarat dari kampung tangguh Nusantara ini, Kelurahan agro lestari telah memiliki pos ronda sebagai pintu masuk dan keluar sehingga bisa mengontrol orang yang akan masuk dan keluar dari perkampungan" sebut Kombes Nandang.

"Ketahanan pangan ternyata di kampung agrowisata ini sudah ada lahan yang siap untuk ditanam atau pun siap dipanen, berupa bahan kebutuhan pokok masyarakatnya tumbuh-tumbuhan ataupun tanaman yang bisa ditanam dengan masa tanam usianya 75 hari" ucap Kombes Nandang.

"Gerakan kampung tangguh nusantara yang ada di wilayah Argowisata diharapkan semoga apa yang dilakukan oleh kita semua pada hari ini mudah-mudahan mendapatkan ridho dan barokah dari Allah subhanahu wa ta'ala tuhan yang maha esa" tutup Kapolresta.

Selanjutnya Walikota Pekanbaru Ir Firdaus dalam sambutannya menyebutkan "Polisi memang tugasnya melayani mengayomi dan melindungi masyarakat, namun personil kepolisian yang terbatas mengharuskan kita mampu menjadi polisi bagi diri kita bagi keluarga kita dan bagi lingkungan, dalam hal-hal tertentu polisi juga dibantu oleh TNI sebagai sinegritas TNI-POLRI"

"Alhamdulillah semangat yang kita miliki ini juga menjadi semangat menjasikan kelurahan Argowisata menjayfi Kampung Tangguh Nusantara sehingga gerakan yang dicanangkan hari ini kita harapkan tidak hanya untuk menghadapi pandemi covid 19 ini saja, tetapi harus berkelanjutan" sebut Walikota.

Usai sambutan dari Kapolresta dan Walikota kegiiatan dilanjutkan penyerahan Bansos berupa bibit tanaman dan benih ikan kepada perwakilan, Penyerahan Sembako kepada warga RT 05 RW 05 serta Penyerahan plakat dari Polri dalam hal ini Polresta Pekanbaru kepada warga dan dari warga kepada Polri.

Peresmian kampung tangguh  dilaksanakan oleh Walikota Pekanbaru Ir Firdaus didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang dan Dandim 0301 Pekanbaru Kolonel Inf Edi Budiman dengan menarik tali tirai plang Kampung Tangguh Nusantara Polresta Pekanbaru serta melepaskan balon sebagi tanda persemian Kelurahan Argowisata yang berada di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru sebagai Kampung Tangguh Nusantara kota Pekanbaru.

Usai meresmikan rombongan Forkopimda Walikota, Kapolresta dan Dandim yang juga diikuti Ketua Bhayangkari Kota Pekanbaru ibu Vinna Nandang didampingi Wakil Ketua Ibu Abel Yusuf beserta pengurus Bhayangkari Kota Pekanbaru melakukan penanaman bibit jagung dan penyebaran bibit ikan ke kolam, peninjauan peternakan Kambing dan peninjauan sekolah SD sebagai sarana pendidikan dikampung tersebut.

Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Argowisata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH Beserta rombongan menuju ke kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru untuk meninjau sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat karantina warga Pekanbaru dan warga pendatang yang terindikasi tertular covid 19.

Di Kecamatan Marpoyan Damai ini Kombes Nandang juga melakukan peninjauan Tanaman Hidroponik, jl. Camar Raya Rt 5/Rw 7 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan, dilanjutkan peninjauan UMKM, jl. Merak II Rt 3/Rw 8 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan.

Sebagai ketahanan pangan Kapolresta Pekanbaru melakukan Penaburan bibit ikan di jl. Gelatik III Rt 1/Rw 8 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan dan peninjauan perkebunan Ketahanan pangan, jl. Garuda I Rt 1/Rw 9 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan yang bertujuan sebagai tambahan Kampung Tangguh Nusantara di Kota Pekanbaru.

Humas Polresta Pekanbaru


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Bangun Sinergitas, Ibrahim Saehaia Bersama Pengurus LAN Kabupaten Bekasi Datangi BLK Kompetensi
  • Laporan Aktivis GAMARI ditanggapi KPK, Aroma Busuk Kasus APBD Provinsi Riau 2014 Akan Menguap
  • Lawan Praktek Suap, Hari Kamis ini Aktivis GAMARI Laporkan Humas dan Proyek Green Forest Residence P
  • Tahun 2021 Polda Riau Tangani 20 Kasus Karhutla
  • Begini Momen Gubernur Riau Cek Perbaikan Jalan Raya Petapahan Kampar
  • Bahas RKURPPAS TA 2022, Komisi I Soroti Perubahan Anggaran Dari Mitra Kerja
  • Komisi II : Sektor Perekonomian Adalah Aktor Utama Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi
  • Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Terima Kunjungan Reses Anggota Komisi III DPR RI
  • Duh! 11 Situs Pemerintah yang Disusupi Judi Online
  •  
     
     
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 11:47:01 WIB
    LAWAN COVID-19
    Peduli Covid-19, Kodim 0303 Bengkalis Salurkan Bantuan Sembako untuk Awak Media
    Minggu, 18 Juli 2021 - 11:23:08 WIB
    KETUM GPSH : "PAK TERAWAN & PAK ANDHIKA KAMI TUNGGU VAKSIN NUSANTARAMU""
    Jumat, 11 Juni 2021 - 13:35:42 WIB
    Pembangunan Masjid Islamic Center Memasuki Tahap Akhir
    Senin, 20 April 2020 - 21:31:51 WIB
    Penanganan Corona Virus Disease 2019
    Peduli Terhadap Covid-19, Bupati Mursini Apresiasi RAPP, APR dan Asian Agri
    Rabu, 22 September 2021 - 08:21:28 WIB
    PTM SMAN 1 Baleendah Digelar Karena Bagusnya Penerapan Prokes
    Kamis, 24 Desember 2020 - 16:18:00 WIB
    Jabar Intens Matangkan Pembentukan Pusat Komando Ketahanan Pangan
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 14:20:28 WIB
    Satpol PP Gerebek Hotel di Tangereng, 11 Pasangan Muda-mudi Diamankan
    Kamis, 18 Juni 2020 - 19:07:43 WIB
    LAWAN COVID-19
    Seluruh Kades Dan Perangkat Se-Kecamatan Tapung Lakukan Rapid Test
    Jumat, 08 Oktober 2021 - 09:17:09 WIB
    Perbaikan Jalan Provinsi di Kalimulya Kota Depok Harus Segera Terealisasi
    Senin, 18 Mei 2020 - 22:35:29 WIB
    Fraksi PKS Nyatakan Hamdani Kader Terbaik
    Kisruh DPRD Pekanbaru, Seribu Mosi Tak Percaya, Hamdani Tetap Ketua DPRD
    Jumat, 22 Mei 2020 - 07:55:38 WIB
    LAWAN COVID-19
    Kembali Hari Ini Satu Pasien Positif Covid-19 Inhil Dinyatakan Sembuh
    Jumat, 27 Agustus 2021 - 14:13:22 WIB
    Olek Penobatan Ketua LAK Kampar, Satu Ekor Kerbau di Sembelih
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 18:44:54 WIB
    Club Bela Diri Nahate Karate Dojo Cimahi Kukuhkan Pengurus Baru di Ultah-nya yang Ketiga
    Rabu, 16 September 2020 - 09:47:24 WIB
    Soal Seragam Baru Satpam, KONTRAS : Bentuk Kegagalan Polisi dan Berpotensi Membingungkan Masyarakat
    Kamis, 27 Februari 2020 - 09:49:29 WIB
    Dihadiri Oleh Gubernur Anies Baswedan
    MOI DKI Jakarta Akan Dilantik
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved