Sejumlah Pelaksanaan Pekerjaan Proyek Pembangunan di Dusun Pantai Indah Desa Selat Baru Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis diduga cacat mutu asal jadi. Pasalnya pekerjaan yang baru saja siap dikerjakan hasilnya tidak mem">
Rabu, 18 Mei 2022  
 
Sejumlah Pelaksanaan Proyek Pekerjaan Disparpora TA 2020 Kabupaten Bengkalis diduga Asal Jadi

Rahmad | Pemkab Bengkalis
Sabtu, 13 Februari 2021 - 18:12:03 WIB

BENGKALIS | TIRASKITA.COM - Sejumlah Pelaksanaan Pekerjaan Proyek Pembangunan di Dusun Pantai Indah Desa Selat Baru Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis diduga cacat mutu asal jadi. Pasalnya pekerjaan yang baru saja siap dikerjakan hasilnya tidak memuaskan. Tidak mengutamakan mutu dan kualitas. Pelaksanaan Pekerjaan proyek  yang menelan Dana hampir milyaran rupiah bersumber dari dana APBD-P Kabupaten Bengkalis tahun 2020.

Ada beberapa titik pekerjaan seperti pada pelaksanaan pekerjaan proyek. Pembuatan Pendopo Suku Adat Objek Wisata, Pekerjawn Pemasangan Lampu Taman Objek Wisata. Pekerjaan Pembuatan Plang Nama Pantai Indah Selat Baru, Semenisasi Jalan Masuk Taman, serta pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Pemasangan Paving Blok.

Pekerjaan tersebut saat ini menjadi sorotan dan pembicaraan para pengunjung wisatawan lokal maupun luar yang datang mengunjungi tempat wisata pantai indah desa selat baru, khususnya warga masyarakat desa selat baru Dusun pantai indah. Kenapa tidak, banyak dijumpai dilapangan pada pekerjaan proyek yang baru saja selesai dikerjakan sudah rusak tidak sesuai dengan spesifikasi tehnis atau asal jadi. Sebagai mana dalam amanat pepres no 4 tahun 2015 perubahan keempat atas pepres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa  pemerintah.

Menurut keterangan warga masyarakat dusun indah pantai selat baru desa selat baru yang enggan disebut namanya didalam pemberitaan media ini menjelaskan, banyak item-item pekerjaan yang dipandang tidak sesuai dan terkesan asal jadi.

Seperti pada pelaksanaan pembuatan Plang Nama Pantai Selat Baru. Nilai kontrak Rp.198 juta lebih. Pekerjaanya kasar dan tidak rapi catnya sudah mengelupas kembali karna cat yang dibeli cat murahan, walaupun beberapa waktu yang lalu ada pembenahan sekarang terkelupas kembali, hasilnya tidak memuaskan belang-belang, seharusnya sebelum mengecat ulang terlebih dahulu dikikis supaya rapi.

Selanjutnya pada pekerjaan Pembuatan Pendopo Suku Adat  Objek Wisata Pantai Indah Selat Baru. Nilai kontrak Rp. 199 juta lebih. Dijumpai pekerjaanya tidak rapi, cat pada dinding tangga terkelupas, papan lantai memakai papan tiga suku akibat balok lantai jaraknya agak jauh ketika papan lantai terpijak seakan mau patah, penyusunan papannyapun jarang-jarang diyakini tidak akan bertahan lama seharusnya papan yang dipasang memakai papan tebal satu inci.

Begitu juga pada pekerjaan Pembangunan Paving Blok di Pantai Indah Selat Baru. Nilai kontrak Rp. 191 juta. Pemasangan Batu Paving Blok hasilnya bergelombang, akibat sebelumnya tidak dilakukan timbang air pada pemerataan tanah urugan. Lebih jauh warga masyarakat dusun pantai indah menjelaskan maksud dan tujuan pemerintah membangun tempat tempat wisata adalah untuk mengentaskan agar perekonomian masyarakat lebih meningkat.

Namum sangat disayangkan, pada pelaksanaan pembangunannya yang dikelola Disbusparpora Bengkalis terkesan asal jadi, sehingga belum beberapa lama sudah berantakan, hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan dan ketegasan dari pihak dinas, sehingga pantai ini seakan tidak pernah diurus. Jadi apa gunanya pemerintah berupaya membangun jikalau bangunannya belum setahun sudah bersepai alai apakah ini tidak merugikan uang negara hasil keringat uang rakyat, seperti yang kita lihat sekarang, ungkapnya menyesali.

PPTK DISBUDPARPORA Zubari saat dikonfirmasi pada 3/2/2021 sekitar pukul 15.55 Wib, setelah shalat asar disalah satu kedai kopi didepan masjid Istiqomah jalan patimura menjelaskan terkait pelaksanaan pekerjaan sejumlah proyek di pantai indah desa selat baru bahwa apabila ada kekurangan/pada pekerjaan tersebut akan dibetulkan kembali, karna masih ada jaminan pemeliharaan, ketika ditanya kembali oleh media ini, jaminan pemeliharaan itu setahu saya berlaku pada pekerjaan yang sudah siap dan tidak ada masalah bagi pekerjaan yang dari awal bermasalah pemeliharaan apa namanya,? apakah bukan merupakan suatu keselahaan atau kelalaian. PPTK terdiam, dijelaskannya bahwa proyek itu adalah proyek POKER milik beberapa Anggota DPRD Bengkalis ungkapnya.
 
Menurut keterangan  HERI ANTONI CANIAGO Ketua DPW Lembaga Swadaya Masyarakat Taming Perjuangan Rakyat Anti Korupsi ( DPW-LSM- TEMPERAK) Provinsi Riau 30/12/29 yang pada waktu itu datang kepantai indah selat baru, kepada media ini, bahwa dirinya sangat menyayangkan terhadap sejumlah pelaksanaan pekerjaan yang dikelola oleh dinas Pariwisata salah satunya pembuatan plang nama. Pekerjaan proyek yang menelan biaya ratusan juta rupiah dan keseluruhan mencapai milyaran itu hasilnya sangat tidak memuaskan.
Kuat dugaan kami, kalo pekerjaan ini tidak sesuai RAB dan Spesifikasinya karna secara gamblang terlihat jelas kalo pekerjaan tersebut tidak mengutamakan mutu kualitas dan kuantitas dari pekerjaan tersebut dan kurangnya pengawasan dari dinas terkait ungkapnya.

Dalam hal ini Ketua DPW Propinsi LSM -TEMPERAK dalam waktu dekat akan segera melapor agar supaya diadakan pemanggilan dan pemeriksaan pada pihak dinas Parpora oleh pihak berwajib terhadap pertanggung jawaban akibat kecuaian dan kelalaianya tidak melakukan pengawasan sesuai dengan tugas dan fungsinya. (Rdn/tim)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • UAS Dideportasi di Tengah Masuk Singapura Sudah Kendor
  • Harga Sawit Anjlok, Gubernur Riau Lapor ke Presiden
  • Pemkab Rohil Optimalkan Retribusi Tower Untuk Genjot PAD
  • Bupati Kasmarni Serahkan Pemenang Lomba Lampu Colok Tahun 2022
  • Tesla dan SpaceX akan Mencoba Beberapa Kerja Sama Dengan Indonesia
  • Mencekam Setelah Penangkapan Ade Yasin
  • DLHK akan Tempatkan Petugas Awasi TPS Ilegal
  • Wali Kota Resmikan Rumah Tahfidz dan Unit Usaha FPRM di Rumbai
  • 15 Narapidana Rutan Cipinang Terima Remisi Hari Raya Waisak Tahun 2022
  •  
     
     
    Senin, 27 September 2021 - 09:28:03 WIB
    Bahas Revisi UU ASN, Wapres: Jangan Lemahkan Reformasi Birokrasi
    Senin, 06 Juli 2020 - 22:05:35 WIB
    Wisuda Akpol
    Nasihat Kapolri ke Taruna Akpol " Jangan Lupa 3 Kata "
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 08:46:58 WIB
    Trump dan Melania Kena Corona Tertular dari Penasihat saat Debat
    Jumat, 16 April 2021 - 09:43:57 WIB
    Polsek Tapung Hulu Tangkap 7 Pelaku Judi Ketangkasan Tembak Ikan di Desa Kasikan
    Kamis, 22 April 2021 - 19:10:11 WIB
    Dana PEN Kesehatan Harus Dinikmati Oleh Masyarakat
    Selasa, 23 Maret 2021 - 08:46:24 WIB
    Secara Serentak, Pelantikan PAC IPK Kec Tapung Hulu Sekaligus Pelantikan Ranting IPK Sukses
    Kamis, 28 Mei 2020 - 12:25:41 WIB
    Komandan Korem 142/Tatag Bersama Kajati Sulbar Sambangi Kakanwil Kemenkumham Sulbar
    Komandan Korem 142/Tatag Bersama Kajati Sulbar Sambangi Kakanwil Kemenkumham Sulbar
    Selasa, 23 Juni 2020 - 19:25:46 WIB
    GARAP LAHAN DILUAR HGU
    SP3 Kasus PT Musim Mas Dipertanyakan, Kades: Lihat BB Aja Tak Diizinkan
    Jumat, 25 September 2020 - 01:19:38 WIB
    Ngeri........BRI Unit Sebangar Bengkalis Dirampok di Siang Bolong, Ratusan Juta Rupiah Lesap
    Rabu, 31 Maret 2021 - 12:20:47 WIB
    Komisi III : Bank BJB di Luar Jabar Terus Tunjukan Capaian Positif dan Dapat dicontoh
    Kamis, 14 Mei 2020 - 23:57:19 WIB
    Polresta Cirebon, Berikan Bantuan Sembako Ke Daerah Terpencil
    Polresta Cirebon, Berikan Bantuan Sembako Ke Daerah Terpencil
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:50:01 WIB
    Pemkab Kampar Beri Pelayanan Dokter Gigi di Desa Terisolir
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:45:02 WIB
    Pemkab - DPRD Sergai Setujui Ranperda RPJMD 2021-2026 Dan HET Gabah Menjadi Perda
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 09:04:24 WIB
    Bupati Tapanuli Tengah Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia
    Kamis, 28 Januari 2021 - 20:27:57 WIB
    Seorang Ibu Rumah Tangga Di Amankan Polisi Di Duga Menyimpan Sabu
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved